UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Implementation Of Curriculum 2013 In English Class At MTs Negeri Tarakan

The Implementation Of Curriculum 2013 In English Class At MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Uswa Ayu Saraswati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Peran guru sangat diperlukan dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 terutama dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru bahasa inggris menerapkan kurikulum 2013, dan mengidentifikasi masalah menerapkan kurikulum 2013 mts negeri tarakan khususnya kelas bahasa inggris. peneliti mengumpulkan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan lembar observasi. pengumpulan data dilakukan mulai bulan oktober hingga november 2017, subjek adalah guru bahasa inggris mts negeri tarakan,wawancara itu melibatkan guru bahasa inggris mts negeritarakan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar oleh guru bahasa inggris cukup baik meskipun masih memiliki beberapa masalah. sebagai contoh, pada pertemuan kedua guru bahasa inggris mengajar di kelas viii b dan hanya menerapkan. dapat disimpulkan bahwa, guru bahasa inggris tidak menerapkan semua tahap pendekatan ilmiah dalam setiap pertemuan. guru bahasa inggris hanya menerapkan kegiatan “mengamati dan bertanya”. tahapan dalam kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dan dalam menerapkan tahapan pendekatan saintifik tidak konsisten, itu karena guru bahasa inggris hanya satu kali mengikuti pelatihan tentang kurikulum 2013, dan guru bahasa inggris perlu mengikuti pelatihan kurikulum 2013.

Abstrak Indonesia

The teacher’s role is very important in the success of implementation curriculum of 2013 especially in implementation curriculum 2013 in english class at mts negeri tarakan. the objective of this study was to describe how the english teacher applied the implementation curriculum 2013 identified the problems of the implementation curriculum 2013by the english teacher in teaching english at the mts negeri tarakan especially english class. the researcher collected the data used fieldnotes, interview, and observation sheet. the data were collected starting from october until november 2017, the subject was the english teacher of the mts negeri tarakan. the interview involved the english teacher mts negeritarakan. the results of this study shows that the implementation curriculum of 2013 in teaching learning process by the english teacher well although it still had some problems. for example, on the second meeting the english teacher taught in the classroom at viii b class and just applied “observing and questioning”. it can be concluded that, the english teacher did not apply all the stages of scientific approach in every meeting. the english teacher could not clearly understand the stages in learning activities of scientific approach and in applying the stages of scientific approach was inconsistent, it is because the english teacher just one time and the english teacher need follow training of curriculum 2013.