UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA Kristen Tunas Kasih Tarakan Kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016

Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA Kristen Tunas Kasih Tarakan Kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Shinta Meivi Goni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di sma kristen tunas kasih tarakan tahun pembelajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. subjek yang digunakan adalah guru bimbingan dan konseling yang berjumlah 1 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data dengan menggunakan keabsahan data yang diperoleh dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. adapun hasil penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling telah melakukan beberapa tugas pokok dan fungsi sebagai guru bimbingan dan konseling antara lain (1) membantu siswa dalam menyelesaikan masalah, (2) melaksanakan konseling individu, (3) memberikan layanan informasi kepada siswa mengenai kesulitan belajar siswa. peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah menggunakan konseling individu yang dianggap lebih efektif dalam mengatasi masalah tersebut. kata kunci: peran guru bimbingan dan konseling

Abstrak Indonesia

The research purpose to know role of the teacher guidance and counseling in solve the trouble of students learning at senior high school tunas kasih tarakan class xi 2015/2016. the kind of research is a qualitative descriptive. the subject use at research is one teacher guidance and counseling. the technique collection data is a observation, interview, and documentation. technique analysis data with the validity of data obtain by reduction data, presentation of the data, and the conclusion collect or verification. as for result are guidance and counseling teacher have done the principal and function as guidance and counseling teacher, among other 1. helps students in solving problem 2. bring about counseling individual 3. give the information to students about the trouble in students learning. the role of the guidance and counseling teacher in solve the trouble of students learning use with individual counseling more effective in solve the issue. keywords: the role of guidance and counseling teacher