
Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas XI MAN Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Rori Yunita Rahmah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik shaping terhadap perilaku agresif man tarakan tahun pelajaran 2016/2017. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-exsperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini yaitu 189 siswa dan sampel 5 siswa kelas xi man tarakan. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala perilaku agresif dengan skala likert. penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala perilaku agresif siswa dengan hasil dari 40 butir pernyataan terdapat 21 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program spss 22.0 for windows. berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,043 ˂ α = 0,05 maka h0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik shaping terhadap perilaku agresif siswa man tarakan tahun pelajaran 2016/2017. kata kunci: teknik shaping, perilaku agresif
Abstrak Indonesia
The purpose of this research was to know the influence of shaping techniques to aggressive behavior students at class xi man tarakan in academic year 2016/2017. this research was a pre-experimental research which using one group pretest-posttest design. the population was 189 students at which using 5 students as samples from class xi man tarakan. methods of data collection in this study was a scale of aggressive behavior with likert scale. this study used product moment to test the validity of the student aggressive behavior scale that the results 21 valid items out of 40 items. data analysis techniques in this research were descriptive and inferential analysis using the wilcoxon test correlated using spss 22.0 for windows. regarding the research result before and after treatment, it is obtained that the calculation hypothesis test with the probability value asymp sig = 0,043 ˂ α = 0.05, which means h0 is rejected. it can be concluded that shaping techniques influenced aggressive behavior students at class xi man tarakan in academic year 2016/2017. keywords: techniques shaping, aggressive behavior