UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab Ketidakpercayaan Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab Ketidakpercayaan Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Riri Andriani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakpercayaan diri siswa kelas viii di smp negeri 3 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat perspektif. subjek yang digunakan adalah siswa kelas viii berjumlah 1 orang siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data dengan menggunakan keabsahan data diperoleh dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. adapun hasil penelitian ini adalah (1) gambaran ketidakpercayaan diri ca yaitu meliputi tidak berani mengungkapkan pendapat dan menjawab pertanyaan, grogi saat tampil di depan kelas, tidak memiliki teman dekat (menarik diri dari lingkungannya), timbulnya rasa malu yang berlebihan, pendiam dan sering termenung, mudah cemas dalam menghadapi persoalan. (2) faktor-faktor penyebab ketidakpercayaan diri ca yaitu, mudah cemas dan penakut, pendidikan keluarga kurang baik, sulit menyesuaikan diri, dan mudah menyerah. kata kunci: percaya diri, ketidakpercayaan diri, faktor ketidakpercayaan diri

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to know the cause of unconfident factors at eighth grade students of smp negeri 3 tarakan in the academic year 2015/2016. the type of this research was qualitative research with descriptive characteristics. the subject was used that was eighth grade student with 1 student. technique of data collection was used that was interview and documentation. technique of data analysis was using authentic data that was obtained with data reduction, data presentation, and taking conclusion or verification. as for the result of this research was (1) the view of unconfident ca that was not brave to express the opinion and answering the questions, nervous when he performing in front of the class, did not have close friend (withdraw in his environment), the emergence of excessive shyness, quite and often pensive, anxious in dealing with problems. (2) the cause of unconfident factors were anxious and craven, easy to give up, difficult to adapted and his family education which was not good. keywords: confident, unconfident, the cause of unconfident factors