
Perbedaan Kemandirian Belajar Sebelum Dan Sesudah Pemberian Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Nurul Hidayati Hasanah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada siswa kelas vii di mts negeri tarakan yaitu kurang adanya kemandirian belajar yang ditandai dengan kecenderungan siswa tidak berusaha untuk belajar sendiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. jenis penelitian adalah penelitian eksperiman dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas vii di mts negeri tarakan yang berjumlah 163 siswa. teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive dengan jumlah sampel 28 siswa. metode pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar, observasi, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar siswa sebelum pemberian perlakuan adalah 75,32 dan sesudah pemberian perlakuan adalah 88,29. kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan 12,97. hasil analisis t-test dengan taraf signifikan 5%, menunjukkan nilai thitung = 9,952 dan ttabel = 2,052, sehingga ho ditolak dan dapat disimpulkan ada perbedaan kemandirian belajar sebelum dan sesudah pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas vii di mts negeri tarakan. kata kunci: kemandirian belajar, layanan penguasaan konten, sosiodrama
Abstrak Indonesia
This study was done based on the phenomenon at grade vii students of mts negeri tarakan namely less independent learning marked by the students’ tendency for not trying to learn by themselves. this study was aimed to know the difference of the students’ independent learning before and after giving content mastery service by sosiodrama technique. the type of the study was experimental research with one group pre-test and post-test design. the population of the study was all grade vii students of mts negeri tarakan with the total 163 students. the sampling was purposive sampling with the total sample 28 students. the data was collected using independent learning scale, observation, and documentation. the result of the study showed that the average of students’ independent learning before giving the treatment was 75,32 and after giving the treatment was 88,29. the students’ independent learning before and after giving the treatment increased 12,97. the analysis result of t-test with significant degree 5%, showed the value thitung = 9,952 and ttabel = 2,052, so ho was rejected and can be concluded there was a difference of the independent learning before and after giving content mastery service by sosiodrama technique in grade vii students of mts negeri tarakan. keywords: independent learning, content mastery service, sosiodrama