UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Novita Indah Permata Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik homeroom terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas x di sma negeri 1 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini yaitu 259 peserta didik kelas x di sma negeri 1 tarakan dan sampel 15 peserta didik kelas x di sma negeri 1 tarakan. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dengan skala likert. penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala penyesuaian diri dengan hasil dari 50 butir pernyataan terdapat 26 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan uji hopitesis dengan menggunakan program spss 23.0 for windows. berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh asymp sig sebesar 0,001 sementara taraf signifikan (α) adalah 5% (0,05). berdasarkan hasil pengelolaan uji wilcoxon menggunakan spss 23.0 for windows menunjukkan asymp sig α atau 0,001 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik homeroom terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas x di sma negeri 1 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. kata kunci: teknik homeroom, penyesuaian diri

Abstrak Indonesia

The objective of the study was to know the influence of homeroom technique on students’ self-adaptation at tenth grade students of sma negeri 1 tarakan in the academic year of 2015/2016. the research design was pre experimental design with one group pretest-posttest design. the population in this research was 259 students at tenth grade students of sma negeri 1 tarakan and the sample was 15 students at tenth grade students of sma negeri 1 tarakan. the technique of data collection used self-adaptation scale with likert scale. this research used product moment formula to test self-adaptation scale validity with the result that 26 questions were valid from 50 questions. the technique of data analysis in this research are descriptive statistic technique and hypothesis test by using spss 23.0 for windows program. based on the research before and after giving the treatment, the calculation result of hypothesis test was gained that asymp sig was 0,001 meanwhile the significant level (α) was 5% (0,05). based on the wilcoxon test by using spss 23.0 for windows showed that asymp sig < α or 0,001 < 0,05 then it an be concluded that there was influence of homeroom technique on students self-adaptation at tenth grade students of sma negeri 1 tarakan in the academic year of 2015/2016. keywords: homeroom technique, self-adaptation