
Perbedaan Prokrastinasi Akademik Sebelum Dan Sesudah Pemberian Strategi Self Management Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Meli Lastuti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah pemberian strategi self management pada siswa kelas viii di smp negeri 4 tarakan tahun pelajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui perbedaan prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah pemberian strategi self management pada siswa kelas viii di smp negeri 4 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii yang terdiri dari kelas viii-9, viii-10, viii-11 di smp negeri 4 tarakan yang berjumlah 117 siswa, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala prokrastinasi akademik dengan skala likert sebanyak 28 item. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial berbantuan program spss 22 for windows. berdasarkan hasil analisis menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon maka diperoleh jumlah ranking terkecil atau thitung adalah 1, sedangkan harga kritis t pada tabel harga-harga kritis t dalam tes ranking bertanda data berpasangan wilcoxon untuk n = 8 dengan taraf signifikasi 0,05 nilainya adalah 4. sehingga nilai dari thitung 1 < 4 maka ha diterima. maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara prokrastinasi akademik siswa sebelum dan sesudah pemberian strategi self management pada siswa kelas viii di smp negeri 4 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. kata kunci: strategi self management, prokrastinasi akademik
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the level of academic procrastination before and after giving self management strategies in the grade viii students of smp negeri 4 tarakan in the school year 2015/2016, and to determine differences in academic procrastination before and after giving of self management strategies in the grade viii students of smp negeri 4 tarakan in the school year 2015/2016. this type of is the study was pre-experimental research with the design of one group pretest - posttest. the population of study was students grade viii which consists of class viii-9, viii-10, viii-11 of smp negeri 4 tarakan totaling 117 students, and the sample in this study were 8 students, with the sampling technique used purposive sampling. the methods of collecting data in this research used academic procrastination scale with a likert scale as much as 28 items. data analysis techniques in this research was descriptive and inferential statistics aided spss 22 for windows. based on the results of analysis used statistical non parametric with wilcoxon test, the obtained amount of ranking smallest or thitung =1, while the price of critical t in the table prices of critical t in the test rankings marked data is paired wilcoxon for n = 8 with a significance level = 0.05 the value is 4. so the value of thitung 1 < 4 then ha was accepted. it can be concluded that there is a difference between academic procrastination of students before and after giving of self-management strategies in grade viii students of smp negeri 4 tarakan in the school year 2015/2016. keywords: self management strategy, academic procrastination