UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Outbound Terhadap Perilaku Agresif  Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengaruh Teknik Outbound Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Irma

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik outbound terhadap perilaku agresif siswa kelas x madrasah aliyah negeri tarakan. penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas x madrasah aliyah negeri tarakan yang berjumlah 189 siswa. sampel penelitian ini berjumlah 12 siswa dikarenakan layanan yang digunakan berupa bimbingan kelompok yang mempunyai batas maksimal 15 orang siswa. teknik pengambilan data sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. hipotesis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi spss 22 for windows dengan uji wilcoxon. hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap kedisiplinan siswa kelas x madrasah aliyah negeri tarakan sebelum dan sesudah pemberian treatment, diperoleh hasil perhitungan wilcoxon hasil signifikan (0,002) dikelola menggunakan spss 22 for windows diperoleh asymp. sig sebesar 0,002 dan taraf signifikan 5% (0,05). artinya asymp. sig < nilai α atau 0,002 < 0,05. maka dapat disimpulkan bahwa alternative (ha) “ada pengaruh teknik outbound terhadap perilaku agresif siswa kelas x madrasah aliyah negeri tarakan tahun pelajaran 2015/2016”, atau dengan kata lain bahwa treatment dengan teknik outbound berpengaruh terhadap perilaku agresif siswa kelas x madrasah aliyah negeri tarakan tahun pelajaran 2015/2016. kata kunci: teknik outbound, perilaku agresif

Abstrak Indonesia

As for the purpose of this research is to find out of the influence group guidance with outbound technique to reduce aggressive behavior of the nine grade students of madrasah aliyah tarakan. this research is a pre-experimental design in the form of one group pretest-posttest design. the population in this study, the students of class x madrasah aliyah negeri tarakan totaling 189 students. the research sample numbering 12 students because of the service used in the form of group counseling that has a maximum limit of 15 students. technique intake of sample data is by using purposive sampling. then the data were analyzed using spss 22 for windows with the wilcoxon test. results of research conducted on the aggressive behavior of students of class x madsarah aliyah pemerian tarakan before and after treatment, result calculation wilcoxon test calculations obtained significant results (0,002) < of α (0,05). the results of processing wilcoxon using the computer program spss 20 for windows showed significant (0,002) < α (0,05), it can be concluded that "there is an effect of group counseling techniques outbound to reduce aggressive behavior in class x student of madrasah aliyah negeri tarakan" or in other words that the treatment group counseling with outbound techniques influential in reducing aggressive behavior in class x students of madrasah aliyah negeri tarakan in academic year 2015/2016. keyword: outbond technique, agressive behavior