
Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015
Pengarang : Kusumawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Rumusan masalah dalam penelitian ini, ialah adakah pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap perilaku agresif siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan tahun ajaran 2014/2015. adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap perilaku agresif siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan tahun ajaran 2014/2015. penelitian ini adalah ppenelitian pre-experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan yang berjumlah 15 siswa. sampel penelitian ini berjumlah 15 siswa dikarenakan layanan yang digunakan berupa bimbingan kelompok yang mempunyai batas maksimal 15 siswa. teknik pengambilan data sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. berdasarkan hasil uji validitas skala perilaku agresif dari 60 butir pernyataan terdapat 28 butir yang valid. kemudian data dianalisis menggunakan aplikasi spss 22 for windows dengan rumus uji-t. hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap perilaku agresif siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan sebelum dan sesudah pemberian treatment, diperoleh hasil perhitungan uji-t didapat thitung sebesar 8,592 sementara ttabel dengan db n – 1 = 14 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 2,145. adapun hasil pengolahan t-test dengan menggunakan komputer program spss 22 for windows menunjukkan thitung > ttabel, 8,592 > 2,145 maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap perilaku agresif siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan”, atau dengan kata lain bahwa treatment berupa penerapan teknik sosiodrama berpengaruh dalam menurunkan perilaku agresif siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan. kata kunci: teknik sosiodrama, perilaku agresif
Abstrak Indonesia
The problem formulation in this study is “there any effects of application of sosiodrama technique to aggressive behavior of eight grade students of junior high school 1th tarakan in academic year 2014/2015”. the objective of the study is to know the effect of application of sosiodrama technique to aggressive behavior of the eight grade students of junior high school 1th tarakan in academic year 2014/2015. the research is a pre- experimental design research in type one group pretestposttest design. the populations in this research is the eight grade students of junior high school 1th tarakan which consist of 15 students. this research’s samples are 15 people because the service which being used was a counseling group which has maximum of members of 15 students. based on validity test result from aggressive behavior from 60 statements there are 28 valid statements. then the data was analyzed by using spss 22 for windows application by using t-test formula. the result from the research that applied to the student’s agressive behavior before and after the treatment, the result of the t-test calculation is obtained t-count equal to 8.592 and t-table with db n-1=14 and signification level 5% (0.05) equal to 2.145. the result of t-test processing by using spss 22 for there is an effect of application of sosiodrama technique to aggressive behavior of the eight grade students junior high school 1th tarakan”, or in other word that the treatment in from of application of sosiodrama technique affected to reduce the eight grade students of junior high school 1th tarakan agrresive behavior. keywords: sosiodrama technique, agressivity behavior