
Pengaruh Teknik Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Fira Dian Sary
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh teknik bermain peran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan tahun pelajaran 2015/ 2016. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik bermain peran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini yaitu 343 siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan dan sampel 14 siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala komunikasi interpersonal dengan skala likert. penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala komunikasi interpersonal dengan hasil dari 42 butir pernyataan terdapat 21 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial dikorelasikan menggunakan program spss 22 for windows. berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 8.817 sementara ttabel dengan db n-1 = 5 dan taraf siginifikan 5% (0,05) sebesar 2,160. berdasarkan hasil pengelolaan t-test dengan menggunakan spss 22 for windows menunjukkan thitung ttabel atau 8.817 2,160 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik bermain peran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas viii smp negeri 1 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. kata kunci: teknik bermain peran, kemampuan komunikasi interpersonal
Abstrak Indonesia
The research problem of this study was showed that whether there is the influence of role playing technique to student’s interpesonal communication ability in the grade viii of junior high school 1 tarakan in academic year 2015/2016. the aim of this research is to know the influence of role playing technique to student’s interpersonal communication ability in the grade viii of junior high school 1 tarakan in academic year 2015/2016. the kind of this research is a pre-experimental design by one group pretest-posttest design. the population in this study are 343 students in the grade viii of junior high school 1 tarakan and there are 14 students as the samples. the data collection method of this research was used a scale of interpersonal communication by likert scale. the pruduct moment formula was used in this research, it was used to test the scale validity of interpesonal communication which is has the result that 21 valid items from 42 statement items. the data analysis techniques of this research was descriptive and inferential statistics, which was correlated by used spss 22 for windows program. based on the research result of before and after done the treatment, there are 8.817 of thitung while ttable with db n-1=5 and the significant level of 5% (0,05) are 2,160. based on the management result of t-test by used spss 22 for windows were showed that thitung >t-tabel or 8.817 > 2.160, it be concluded that there is a influence of role playing technique to student’s interpersonal communication ability in the grade viii of junior high school 1 tarakan in academic year 2015/2016. keywords: role playing technique, interpersonal communication ability