
Pengaruh Pengelolaan Diri Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Arovik
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan diri terhadap perilaku membolos siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan. sampel penelitian ini berjumlah 12 siswa dikarenakan layanan yang digunakan berupa konseling kelompok yang mempunyai batas 4-12 orang siswa. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala perilaku membolos denga skala likert. penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validasi skala perilaku membolos dengan hasil dari 50 butir pernyataan terdapat 29 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial uji hipotesis dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan berbantuan program spss 22 for windows. berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,536 sementara ttabel dengan db n-1 = 5 dan taraf signifikan 5% (0.05) sebesar 2,201. berdasarkan hasil pengelolaan t-test dengan menggunakan spss 22 for windows menunjukan thitung > ttabel atau 3,536 > 2,201 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengelolaan diri terhadap perilaku membolos siswa kelas viii smp negeri 10 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. kata kunci: pengelolaan diri, perilaku membolos
Abstrak Indonesia
As for the purpose of this research is to find out of the influence management of themselves to the behavior of ditching of the eight grade students of junior high school 10th tarakan in academic year 2015/2016. this research is a pre-experimental design in the form of one group pretest-posttest design. the population in this research namely students of class viii of smpn 10 tarakan. the research sample were 12 students because the service used is the of group counseling that had a limit of 4-12 students. thr methods of data collection in this research is using a scale of absent behavior with likert scale. this research used the formula of product moment for absent behavior scale for validation test with the results of the 50 points declaration there were 29 valid items. the technique of data analysis in this research was descriptive and inferential statistics the data was analyzed by using spss 22 for windows application by using paired sampel t-test formula. based on the research results before and after treatment, the results obtained calculation hypothesis test obtained tcount of 3.536 while ttabel with db n 1 = 5 and the significant level of 5% (0:05) amounted to 2,201. based on the results of the management of t-test using spss 22 for windows showed tcount > ttabel or 3.536> 2.201, it can be concluded that there was an influence of self management about absent behavior of students class viii of smp negeri 10 tarakan in academic year 2015/2016. keywords: self-management, absent behavior