UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Karier Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Karier Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Darmawan

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap pemahaman karier siswa kelas viii di smp negeri 7 tarakan. pemahaman karier merupakan tahapan yang dilalui seseorang yang berlangsung sepanjang hidupannya sebagai upaya untuk mengembangkan tingkat penguasaannya, pengenalannya, serta kemajuan dalam kehidupannya khususnya mengenai dunia karier. bimbingan kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru bimbingan dan konseling di sekolah dalam meningkatkan tingkat pemahaman karier siswa, terutama ditujukan pada siswa yang memiliki pemahaman karier rendah. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan tahun pembelajaran 2020/2021 dengan jumlah 217 siswa. peneliti menggunakan skala pemahaman karier siswa dengan skala likert. sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji paired sampel t-test menggunakan spss 20.0 for windows. hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil rata-rata skor pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan, hasil uji paired sampel t test juga diperoleh nilai sig 2 tailed = 0.000 < nilai α = 0.05 maka hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap pemahaman karier siswa kelas viii di smp negeri 7 tarakan. sehinggah dapat dikatakan bahwa bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat pemahaman karier siswa. kata kunci: bimbingan kelompok, pemahaman karier

Abstrak Indonesia

This research aims to know the effect of group counseling towards career understanding of the eight-grade students at smp negeri 7 tarakan. career understanding is a stage at a person goes through on his throughout life as an effort to develop the level of mastery, recognition, and progress in the life, especially in career. group counseling is one of the efforts that can be done by guidance and counseling teachers in schools in order to increase the students’ career understanding, especially for students who have low career understanding. the method of this research is quantitative of experimental design by using one group of pretest-posttest mdel. the population of this research is 217 eighth grade students at smp negeri 7 tarakan academic year 2020/2021 and the total sample is 34 students by using simple random sampling technique. it uses the likert scale of students’ career understanding in the data collection. then, the data are analyzed by using the statistics of descriptive, inferential and paired sample t-test reveals that the value of sign. (2- tailed) = 0.000 was lower that the significant level α = 0,05 or (0.000 < 0.05). it indicates that thaere is a significant effect of group counseling toward the career understanding of the eighth-grade students at smp negeri 7 tarakan. so, it can be stated that group counseling can be used to increase the students’ career understanding. keywords: group counseling, career understanding