
Pengaruh Big Five Personality Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Tarakan
Pengarang : Mahmudin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big five personality terhadap motivasi berprestasi siswa sekolah menengah atas di kota tarakan. motivasi berprestasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi yang didasari oleh keinginan yang kuat dari individu untuk mencapai suatu tingkat keberhasilan diatas rata-rata agar memperoleh hasil yang lebih baik. salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi adalah kepribadian siswa, karena kepribadian merupakan dasar pembentukan perilaku manusia yang akan mempengaruhi kehidupan yang akan dijalani. metode dalam penetilian ini adalah kuantitatif deskriptif. populasi penelitian adalah siswa kelas xi sekolah menengah atas di kota tarakan dan sampel penelitian sebanyak 60 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan spss 24 for windows. hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel conscientiousness terhadap motivasi berprestasi siswa sekolah menengah atas di kota tarakan, dengan nilai t hitung 2.384 > nilai t tabel 2,001. kemudian pada variabel openness to experience dengan nilai t hitung 0,183 < nilai t tabel 2,001, extraversion dengan nilai t hitung -0,176 < nilai t tabel 2,001, agreeableness dengan nilai t hitung 0,447 < nilai t tabel 2,001 dan neuroticism dengan nilai t hitung 0,892 < nilai t tabel 2,001. hal ini bahwa hasil penelitian tersebut menunjukkan tidak adanya pengaruh antara variabel openness to experience, extraversion, agreeableness dan neuroticism terhadap motivasi berprestasi siswa sekolah menengah atas di kota tarakan. kata kunci: big five personality, motivasi berprestasi
Abstrak Indonesia
This study aimed to know the effect of big five personality towards on the achievement motivation of senior high school students in tarakan city. achievement motivation is one of ways to increase the achievement which is based on a strong desire of individual to achieve the level of an above average success to obtain better result. one of the factors that influences on the achievement motivation is students' personality because personality is the basis of human behavior establishment that would affect on the life to be lived. the research method of this study used descriptive quantitative design. the population of this study was the eleventh grade of senior high school students in tarakan city by involving 60 students as the sample. it used scale in the data collection and the collected data were analyzed by using descriptive and inferential statistics of spss program version 24 for windows. the result of this study showed that there was significant effect of conscientiousness variable towards achievement motivation of senior high school students in tarakan city. it revealed the value of t-calculated > t-able or 2.344 > 2.00 i. then, the value of openness lo experience variable found that t-calculated < t-table or 0.183 < 2.001; the variable of extraversion with the tcalculated < t-table or -0.176 < 2.001; the variable of agreeableness with t-calculated < t-table or 0.447 < 2.001; and finally the variable of neuroticism with t-calculated < t-table or 0.892 < 2.001. these research findings showed that there was no significant effect on the variables of openness lo experience, extraversion, agreeableness and neuroticism toward the achievement motivation of senior high school students in tarakan city. keywords: big five personality, achievement motivation