
Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Bentuk Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Jecky Supratman
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Berdasarkan fenomena di lapangan diperoleh hasil pada saat melakukan pengamatan pada tanggal 01 oktober dan 15 oktober 2019, siswa sering kali berperilaku yang tidak sepantasnya seperti malu bersosialisasi, mudah menyerah, mengeluh dan cenderung menyendri. kepercayaan diri merupakan salah satu syarat yang esensial bagi individu untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas sebagai upaya dalam mencapai prestasi. kepercayaan diri tumbuh dari proses interaksi yang sehat di lingkungan sosial individu dan berlangsung secara kontinu dan berkesinambungan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik sosiodrama terhadap rasa percaya diri siswa kelas viii mts negeri tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii mts negeri tarakan yang berjumlah 125 siswa. dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dengan skala likert dan menggunakan purposive sampling untuk mengambil sampel. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 8 siswa. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji wilcoxon menggunakan spss 22.0 for windows. berdasarkan hasil yang diperoleh, karena nilai asymp sig = 0,012 < ? = 0,05 maka ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam bentuk sosiodrama untuk mengingkatkan rasa percaya diri siswa kelas viii mtsn tarakan. kata kunci: role playing sosiodrama, rasa percaya diri
Abstrak Indonesia
From the field observations conducted on october 1 and october 15, 2019, at the mts negeri tarakan, it was known that the students often behave inappropriately, such as being embarrassed to socialize, giving up easily, complaining and tend to be alone. self-confidence is one of the essential requirements for individuals. self-confidence grown from a healthy interaction process in the individual social environment and takes place continuously. this study aimed to determine the effect of sociodrama techniques on self-confidence o eighth grade students of mts negeri tarakan. this was a pre-experimental research that one group pretest-posttest design. the population in this study were all the 125 students of eighth grade of mts negeri tarakan. using a purposive sampling technique, a total of 8 students were determined as the research instrument. the collected data were analyzed descriptively and inferentially with the wilcoxon test, with the help of spss 22.0 for windows. the analysis results showed that the asymp sig value (0.012) was lesser than the ? (0.05), indicating the rejection of the h0. this meant that the group counseling services the confidence of the eighth grade students o mts negeri tarakan. keywords: sociodrama role playing, confidence