
Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMPIT Ulul Albab Tarakan
Pengarang : Nani Kapsah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving (laps-heuristik) terhadap kemampun pemecahan masalah matematika siswa kelas ix smpit ulul albab tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2022 di kelas ix putri smpit ulul albab tarakan. dalam penenlitian ini terdapat dua sampel yaitu kelas ix nusaibah sebagai kelas eksperimen dan kelas ix maryam sebagai kelas kontrol. penentuan sampel di lakukan berdasarkan dengan teknik probability sampling. metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control gruop design. instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian. berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 80,80 dan pada kelas kontrol adalah 69,02. hasil analisis statistika inferensial untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan uji independent sampel t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000 sehingga h0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model pemebelajaran logan avenue problem solving (laps-heuristik) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. kata kunci: logan avenue problem solving (laps-heuristik), kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Abstrak Indonesia
This study was to determine the effect of the logan avenue problem solving (laps-heuristic) learning model on the mathematical problem-solving abilities of class ix students of smpit ulul albab tarakan. it was conducted in january 2022 for the female students in class ix at the school. there were two samples taken as the subjects, namely class ix nusaibah as the experimental group and class ix maryam as the control. the probability sampling technique was a test instrument in the form of description-based inquiries. based on the results of descriptive statistical analysis showed thad the average score of the achievement of student’ mathematical probelm-solving abilities in the experimental class was 80.80, meanwhile their counterpart was 69.02. the inferensial statistical analysis used an independent sample t-test test with a significant level of 5% (α=0.05). it obtained a p-value of 0.000, meaning h0 was rejected. hence, it could be claimed that the learning model has a significant impact on the students’ ability to solve mathematical problems. keywords: logan avenue problem solving (laps-heuristics), students’ mathematical promblem-solving skill