UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Gaya Belajar Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa Di SDN 030 Tarakan

Penerapan Gaya Belajar Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa Di SDN 030 Tarakan

Pengarang : Desy Philipus

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan gaya belajar dalam pencapaian prestasi belajar dan mengetahui manfaat penerapan gaya belajar dalam pencapaian prestasi belajar siswa di sdn 030 tarakan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sdn 030 tarakan pada tahun ajaran 2021/2022. penelitian ini berfokus pada penerapan gaya belajar dalam pencapaian prestasi belajar siswa dan manfaat penerapan gaya belajar dalam pencapaian prestasi belajar siswa. sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru bidang studi pjok, guru bidang studi agama, pembina pramuka, siswa dan orang tua siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. kemudian, teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di sdn 030 tarakan menerapkan masing-masing gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan menunjukkan karakteristik tertentu dalam pencapaian prestasi belajar. penerapan gaya belajar tersebut memberikan manfaat-manfaat tertentu dalam keterampilan belajar, kepercayaan diri, pencapaian prestasi akademik dan prestasi non akademik pada siswa di sdn 030 tarakan. kata kunci: gaya belajar, prestasi belajar, sdn 030 tarakan

Abstrak Indonesia

This study aimed at investigating the application of learning styles and finding out the benefits of applying learning styles in students’ learning achievement at sdn 030 tarakan. this qualitative research was carried out at sdn 030 tarakan in the 2021/2022 school years. it was focused on the students’ application of learning styles and learning achievement. the data were taken from primary and secondary sources and the data informants included the school principals, class teachers, subject teachers, students and parents of students. data were collected through interviews, observation, and document study. the qualitative analysis was done through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. the results showed that students at sdn 030 tarakan applied each visual, auditory, and kinesthetic learning style by showing certain characteristics in learning achievement. the application of this learning style provided certain benefits in learning skills, self-confidence, student discipline, academic achievement and non-academic achievement in students at sdn 030 tarakan. keywords: learning style, learning achievement, sdn 030 tarakan