UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Saluran Pemasaran Roti Panas UD. An-Nur Bakery Di Desa Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kab. Nunukan

Analisis Saluran Pemasaran Roti Panas UD. An-Nur Bakery Di Desa Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kab. Nunukan

Pengarang : A. Supardi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui saluran pemasaran roti panas ud. an-nur bakery di desa sei. pancang kecamatan sebatik utara kabupaten nunukan (2) untuk mengetahui marjin pemasaran roti panas ud. an-nur bakery di desa sei. pancang (3) untuk mengetahui farmer’ s share roti panas ud. an-nur bakery di umkm desa sei. pancang kecamatan sebatik utara. (4) untuk mengetahui efisien saluran pemasaran roti panas ud. an-nur bakery di desa sei pancang kecamatan sebatik utara. penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode snowball sampling. lokasi penelitian ini di desa sei. pancang. penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran tingkat nol adalah produsen-konsumen, sedangkan pada saluran pemasaran tingkat i adalah produsen-pengecer-konsumen. berdasarkan hasil perhitungan marjin pemasaran pada saluran pemasaran tingkat nol mulai dari produsen – konsumen diperoleh total marjin sebesar rp.0 pada roti tawar dan pada roti varian rasa sebesar rp.0. sedangkan pada saluran pemasaran tingkat i mulai dari produsen-pengecer diperoleh total marjin sebesar rp.0 pada roti tawar dan total marjin pada roti varian rasa sebesar rp.0. sedangakan pengecer-konsumen diperoleh total marjin sebesar rp.2.000 pada roti tawar dan total marjin pada roti varian rasa sebesar rp.1.000. berdasarkan analisis perhitungan farmer’s share di saluran pemasaran tingkat nol yaitu roti tawar adalah 100%, dan pada roti varian rasa adalah 100% saluran pemasaran tingkat i yaitu 83% roti tawar serta roti varian rasa yaitu 83% karena farmer’s share, analisis perhitungan efisien saluran pemasaran pada roti tawar yaitu 0% dan roti varian rasa yaitu 0% pada tingkat nol sedangkan pada tingkat i yaitu roti tawar 20% serta roti varian rasa yaitu 20%, berdasarkan hasil analisis pada saluran pemasaran tingkat i dikatakan efisiensi karena saluran pemasaran tingkat i lebih rendah efisiensinya. kata kunci: roti panas, saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer’s share, efisiensi saluran pemasaran

Abstrak Indonesia

This study aims to (1) find out the marketing channels for hot roti ud. an-nur bakery in sei village. pancang utara sebatik district nunukan regency (2) to find out the marketing margin of ud. an-nur bakery in sei village. stake (3) to find out farmer's share roti panas ud. an-nur bakery in sei village smes. north sebatik district. (4) to find out the efficient marketing channel for hot bread ud. an-nur bakery in sei pancang village, north sebatik district. determination of the sample in this study using the snowball sampling method. the location of this research is in sei village. stake. this research shows that there are two marketing channels, namely the zero level marketing channel is producer-consumer, while the first level marketing channel is producer-retailer-consumer. based on the results of the calculation of the marketing margin on the zero level marketing channel from producer to consumer, the total margin is rp.0 for plain bread and rp.0 for flavored bread. meanwhile, in the marketing channel level i starting from producer-retailer, the total margin is rp.0 for plain bread and the total margin for flavored bread is rp.0. meanwhile, the retailer-consumer obtained a total margin of rp. 2,000 for white bread and a total margin of rp. 1,000 for flavored bread. based on the analysis of the calculation of farmer's share in the marketing channel level zero, namely white bread is 100%, and the flavor variant bread is 100% the marketing channel level i is 83% white bread and flavored bread is 83% because of the farmer's share, efficient calculation analysis of marketing channels on white bread is 0% and flavored bread is 0% at the zero level while at level i is 20% white bread and flavored bread is 20%, based on the results of the analysis on the marketing channel level i it is said to be efficient because the marketing channel level i is lower efficiency. keywords: hot bread, marketing channels, marketing margin, farmer's share, marketing channel efficiency