
Analisis Faktor Internal dan Eksternal Usaha Sarang Burung Walet Di Desa Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan
Pengarang : Kiki Dwi Kartika Larasaty
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal usaha sarang burung walet di desa tanah kuning. dari analisis faktor-faktor tersebut kemudian dirumuskan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha tersebut. penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode purposive dengan lokasi di desa tanah kuning. sampel berjumlah 24 orang pengusaha sarang burung walet yang proses pengambilan datanya menggunakan kuesioner. metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif untuk menjelaskan faktor internal dan eksternal usaha sarang burung walet, dan kedua menggunakan analisis swot untuk merumuskan strategi dalam pengembangan usaha sarang burung walet. hasil analisis dengan menggunakan analasis swot yang menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan oleh pengusaha sarang burung walet di desa tanah kuning adalah strategi so (strength opportunity) yaitu strategi yang memaksimalkan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang. dalam analisis ini biasa disebut juga dengan strategi manajemen, dimana strategi ini meliputi pengembangan produk, strategi mengenai keuangan serta pengembangan pasar.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to find out the internal and external factors of swallow’s business in the tanah kuning village. based on the analysis of these factors then formulated the right strategy to develop the business. this research was a descriptive research that used purposive sampling with location in the tanah kuning village. the sample consisted of 24 businessmen of swallow bird nests whose data collection process used a questionnaire. the data analysis method used is descriptive to explain the internal and external factors of the swallow's nest business, and the second uses the swot analysis to formulate a strategy in the development of swallow's nest business. the results of the analysis using swot analysis showed that the strategy which applied by swallow nest entrepreneurs in tanah kuning village was the so strategy (strength opportunity), which was a strategy that maximizes all the power to take the advantage of opportunities. in this analysis it is also commonly called the management strategy, where this strategy includes product development, financial strategies and market development.