UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Analisis Struktur Rangka Hanggar Pesawat MAF Kota Tarakan Berdasarkan Peraturan Terbaru (SNI 1727 2020 Dan SNI 1726 2019)

Studi Analisis Struktur Rangka Hanggar Pesawat MAF Kota Tarakan Berdasarkan Peraturan Terbaru (SNI 1727 2020 Dan SNI 1726 2019)

Pengarang : Anna Celia Apriliana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Salah satu hanggar pesawat yang ada di kota tarakan adalah milik yayasan maf, yang dibangun sejak tahun 1980. hanggar ini terletak di jalan mulawarman, bandar udara juwata, kota tarakan. infrastruktur hanggar digunakan sebagai tempat perawatan, tempat perbaikan, dan perlindungan pesawat dari cuaca luar. konstruksi hanggar ini menggunakan struktur rangka atap dengan menerapkan material pipa baja galvanis. saat ini telah diwajibkan perhitungan struktur menggunakan faktor gempa sesuai dengan sni 1726 2019. sehingga perlu untuk dilakukan identifikasi dari kekuatan struktur hanggar pesawat milik yayasan maf, dengan tujuan menilai kekuatan atau kestabilan struktur hanggar pesawat tersebut. penelitian dilakukan dengan menggunakan model 2-dimensi dan 3-dimensi sesuai dengan kondisi eksisting hanggar pesawat tersebut. berdasarkan analisis yang telah dilakukan baik pada pemodelan 2-dimensi dan 3-dimensi menunjukkan konstruksi hanggar pesawat mengalami ketidakstabilan struktur. hal ini disebabkan oleh salah satu batang yaitu batang b130 tidak memenuhi syarat kelangsingan sebagai batang tekan atau batang tarik. telah dilakukan analisis lebih jauh batang b130 tersebut ternyata tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hanggar pesawat, sehingga dapat dihilangkan sebagai salah satu elemen penyusun konstruksi hanggar pesawat tersebut.

Abstrak Indonesia

One of the hangers located in tarakan is the one belonging to maf foundation; it was built in 1980. it is in jalan mulawarman, juwata airport, tarakan. the hangar is used for maintenance, reparation, and protection for planes from the weather. its construction uses a structure of roof frame made up of steel pipe of galvanize. new rule states that a construction is required to consider the seismic factor, as it says in sni 1726 2019. hence, an identification is needed to examine its strength and stability. this study was conducted by employing models of 2-dimension and 3-dimension, considering the existing condition of the hangar. based on the analysis, it shows that the hangar has a structure instability due to one the rods (b130), which does not qualify the slender requirement as pull rod or pushrod. with a further analysis, the rod b130 does not affect significantly to the hangar structure, meaning it can be removed from the construction.