
Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Selama Pembelajaran Online Di SMA Hang Tuah
Pengarang : Devi Esthevani Massolo
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Pelaksanaan layanan bimbingan konseling melalui pembelajaran online membutuhkan sejumlah media pendukung yang disesuaikan dengan jenis dan sifat bimbingan. untuk mendukung pelaksanaan layanan bimbingan konseling melalui pembelajaran online juga membutuhkan keterampilan konselor atau guru bimbingan konseling yang sudah terbiasa melakukan pola interaksi dan komunikasi secara online. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok selama pembelajaran online di sma hang tuah. jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling yaitu ms. instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. adapun kesimpulan dari judul layanan bimbingan kelompok online adalah suatu upaya bantuan yang diberikan oleh konselor kepada klien yang dapat dilakukan secara jarak jauh yang tidak memungkinkan anggota kelompok daring berkumpul disuatu tempat dengan tujuan mengembangkan potensi klien baik dibidang pribadi, sosial, karir, belajar dan kemmapuan dalam mengambil keputusan serta kemampuan mencegah berkembangnya masalah dengan memanfaatkan dinamika kelompok dengan anggota kelompok dan berdasarkan pada bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok selama pembelajaran online di sma hang tuah. dan melalui tahapan tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. kata kunci: layanan, bimbingan kelompok, pembelajaran, online
Abstrak Indonesia
Implementation of counseling guidance services through online requires a number of supporting media that are adapted to the type and nature of guidance. to support the implementation of counseling guidance services online it also requires the skills of counselors or counseling teachers who are accustomed to online interaction and communication patterns. the purpose of this study is to describe group guidance services online at hang tuah senior high school. this type of research uses a qualitative descriptive approach. the subject of this re-search is the counseling guidance teacher, namely ms. the instruments in this study were interviews, observation and documentation. the conclusion from the title of online group guidance services is an effort of assistance provided by counselors to clients that can be carried out remotely which does not allow online group members to gather in one place with the aim of developing the po-tential of clients in the fields of personal, social, career, learning and ability in making decisions and the ability to prevent problems from developing by utiliz-ing group dynamics with group members and based on how the implementation of group guidance services during online learning at hang tuah high school. and through the stages of the formation stage, the transition stage, the activity stage, the activity stage, and the termination stage. keywords: service, group guidance, learning, online