UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Teaching Reading Comprehension Through Question-Answer-Relationship (QAR) Strategy At Eighth Grade Students Of SMP Negeri 8 Tarakan

Teaching Reading Comprehension Through Question-Answer-Relationship (QAR) Strategy At Eighth Grade Students Of SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Arista Rahma Pratiwi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui strategi question-answer relationship (qar) dan untuk mengetahui permasalahan guru dalam mengajar pemahaman membaca melalui strategi question-answer relationship (qar) pada siswa kelas viii smp negeri 8 tarakan. metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. peneliti menggunakan guru bahasa inggris di smp negeri 8 tarakan sebagai subjek penelitian. peneliti mengumpulkan data berupa dokumen yang meliputi silabus dan rpp, pengamatan di kelas online dengan menggunakan zoom dan wawancara dengan guru. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat persiapan mengajar guru telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti silabus, rpp, buku paket, lks, media pembelajaran seperti powerpoint serta platform daring seperti zoom. dalam mempersiapkan materi pembelajaran menggunakan strategi question-answer relationship (qar) guru tidak mendapatkan kendala dikarenakan guru akan selalu menyesuaikan konten pada materi yang diajarkan sesuai dengan kemampuan siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan. pada proses pembelajaran berlangsung cukup optimal meskipun beberapa poin dilewatkan seperti melakukan brainstorming dan membentuk kelompok belajar. untuk mengevaluasi pelajaran pada siswa, guru menggunakan scoring rubrik pada setiap nilai pengetahuan, nilai keterampilan dan nilai sikap. melakukan pembelajaran daring tentunya tidak mudah dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi salah satunya adalah jaringan, tetapi guru sangat memahami dan memaklumi kemampuan siswanya dan tidak memaksa siswa mengikuti pembelajaran.

Abstrak Indonesia

The main purpose of this study was to describe the learning process of reading comprehension through the question-answer relationship (qar) strategy and to investigate the teacher's problems in teaching reading comprehension through the question-answer relationship (qar) strategy to eighth grader students at smp negeri 8 tarakan. this study used the descriptive qualitative method. the research subject was an english teacher of eight grader at smp negeri 8 tarakan. the researcher gathered the data in the form of documents such as syllabuses and lesson plans, observations in online classes using zoom, and interviews with teachers. the results of this study indicated that during preparing for learning tools such as a syllabus, lesson plans, textbooks, worksheets, learning media such as powerpoint, and online platforms such as zoom. the teacher has no problems when preparing learning materials using the question-answer relationship (qar) strategy because the teacher always adjusts the content of the material being taught based on the students' abilities, therefore students can understand the material more easily even though some points were missed, such as brainstorming and forming study groups, the learning process was quite optimal. the teacher uses a scoring rubric on each knowledge, skill, and attitude value to evaluate students' lessons. doing online learning is undoubtedly difficult due to the numerous obstacles encountered, one of which is the network, but the teacher truly understands and understands the abilities of the students and does not force students to participate in learning.