
Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SDS Muhammadiyah III Al-Hilal Tarakan
Pengarang : Duwi Sulistiowaty
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas v yang berada di sds muhammadiyah iii al-hilal tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. adapun fokus penelitian ini adalah tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan sekunder serta informan yang berjumlah 6 siswa terpilih. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, wawancara dan studi dokumen. teknik analisi data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik. pada indikator pertama siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi indikator tersebut pada setiap soal, siswa berkemampuan sedang hanya mampu memenuhi satu soal saja dan siswa berkemampuan rendah sama sekali tidak ada yang mampu memenuhi indikator pertama. pada indikator kedua, siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah mampu memenuhi indikator ini, namun masih terdapat siswa yang salah. pada indikator ketiga siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah mampu memenuhi indikator tersebut, tetapi beberapa siswa masih merasa kesulitan dalam memenuhi indikator ini. kata kunci: kemampuan, komunikasi matematis, siswa, sekolah dasar
Abstrak Indonesia
A mathematical communication competence is very importance for the students in learning math. they need it to exchange their ideas in spoken or written medium. in math, evoking an idea often involves the use of symbols and pictures. the objective of the research was to describe the students's competence in mathematical communication of class v at sds muhammadiyah ii al-hilal tarakan. this applied a qualitative approach, conducted in the even semester of 2021/2022. the data was collected from test, interview, and documents. based on the analysis, it was proved that the students with high communicative were able to qualify all indicator of mathematical competence. they could explain the steps in solving the tasks and identified the math symbols in the question. meanwhile those with medium competence had some difficulties in explaining the procedures of answering the questions and in presenting the mathematical idea in pictures. they still could mention the symbols correctly. fortnite with low competence, it was hard for them to write proper procedures, to write symbols, to present their math idea into pictures; they failed to do all of them. there were cases in which the students were more excellent in a written communication thanin spoken medium. keywords: competence, mathematical communication, elementary students