UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesulitan Belajar Matematika Bagi Peserta Didik Kelas X Di SMA Idrisiyyah Tanjung Selor

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Bagi Peserta Didik Kelas X Di SMA Idrisiyyah Tanjung Selor

Pengarang : Sulastri Handayani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja yang menjadi kesulitan belajar bagi peserta didik kelas x di sma idrisyyah tanjung selor dan faktor- faktor apa saja yang menjadi penyebab timbulnya kesulitan belajar tersebut. pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah 5 orang peserta didik dan data- data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan di kelas x sma idrisyyah tanjung selor. sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x sma idrisiyyah tanjung selor. hasil penelitian menunjuk bahwa peserta didik secara umum mengalami kesulitan belajar matematika berupa kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan berhitung dan kesulitan dalam pemecahan masalah. sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yaitu faktor internal pada aspek fisiologis meliputi kesehatan fisik dan panca indera, pada aspek psikologis meliputi motivasi dan minat serta keaktifan dan kebiasaan belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. pada faktor eksternal yaitu sekolah yang meliputi kondisi kelas dan sarana prasarana serta lingkungan masyarakat yang berupa lingkungan di pesantren fatimah az- zahra. kata kunci: kesulitan belajar, matematika, faktor internal dan eksternal, sma idrisiyyah

Abstrak Indonesia

The objective of the research was to find out the difficulties of the students on learning math and the factors accounted for the tenth grader students at sma idrisiyyah tanjung selor. this was a qualitative descriptive. there were 5 students as the subject of the research. the data were collected through observation, interview, and documentation. it was conducted at sma idrisiyyah tanjung selor, from which teh tenth grader students were selected as the main data source. based on the analysis, the students in general experienced a difficulty on learning math. it convers difficulties of understanding the concept, mastering the calculating skill, and solving the problems. this was the effect of internal and external factors. the internal factor include physiological aspects of physical health, including their five sense, and their learning habit and psychological aspects of motivation, interest, activeness in the learning process. the external factor covered the school (the condition of the class, the infrastructure and the facilities), the lack of their family’s care and support and the environment of boarding school of fatimah az-zahra. keywords: learning difficulty, math, internal factors, external factors, sma idrisiyyah