UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Permainan Edukatif TTSM (Teka Teki Silang Matematika) Berbasis Flash Untuk SIswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengembangan Media Permainan Edukatif TTSM (Teka Teki Silang Matematika) Berbasis Flash Untuk SIswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Eka Balisah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di smp negeri 8 tarakan pada kelas viii. tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan produk berupa media pembelajaran ttsm (teka teki silang matematika) berbasis flash yang layak digunakan untuk siswa kelas viii smp negeri 8 tarakn dengan materi bangun ruang sisi datar. model pengembangan yang digunakan adalah model addie yang terdiri dari 5 tahapan meliputi tahap analysis, desaign, development, implementation, dan evaluation. hasil analisis menunjukkan produk ttsm (teka teki silang matematika) berbasis flash yang dikembangkan berdasarkan aspek materi memperoleh skor 54 dengan kategori sangat layak, aspek media memperoleh skor 65 dengan kategori sangat layak, dan aspek dari praktisi pelajaran matematika memperoleh skor 86 dengan kategori sangat layak. sedangkan dari hasil uji coba produk meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan produk ttsm (teka teki silang matematika) berbasis flash memperoleh persentase 80,0%. jadi media pembelajaran ttsm (teka teki silang matematika) berbasis flash yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan layak untuk digunakan siswa kelas viii smp negeri 8 tarakan karena telah memenuhi kualitas kevalidan. kata kunci: addie, produk pengembangan ttsm (teka teki silang matematika) berbasis flash

Abstrak Indonesia

This type of research was research and development conducted at smp negeri 8 tarakan in class viii. this research aimed to produce and delolop a product in the form of a flash-based ttsm (mathematical crossword puzzle) learning media that is suittable for students with the material for building flat sided space. the addie model used the development model, which consisted of 5 stages: analysis, design, development, implementation, adn evaluation. the results of the analysis showed that the flash-based ttsm (mathematical crossword puzzle) product which was developed based on the material aspect scored 54 with a percentage 0f 96.4% so it was included in the very feasible category, and the media aspect scored 65 with a persentage og 95,6% so it was included in the same category feasible, and the aspect of practicing mathematics received a score of 86 wiyh a percentage of 79,6% so it was including in the very feasible category. meanwhile, the result of product trials including individual trials, small group trials, and product field trials obtained a percentage of 80%. so that the flash-based ttsm (mathematical crossword puzzle) learnimg media developed by the researcher can be said to be feasible to be used as a learning medium for class viii students of smp negeri 8 tarakan. keywords: addie, flash-based ttsm (mathematical crossword puzzle) development product