
Improving Students’ Reading Comprehension Using SQ4R Method In Descriptive Text Based On Local Wisdom At Seventh Grade Of SMP Negeri 1 Sebatik Utara
Pengarang : Mirdawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi membaca siswa menggunakan metode sq4r siswa kelas vii smp negeri 1 sebatik utara. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (ptk) model kemmis dan mctaggart yang terdiri dari empat tahap (perencanaan, plaksanaan, pengamatan dan refleksi). subjek penelitian ini adalah siswa kelas vii-a (32 siswa). kriteria keberhasilannya adalah 75% siswa mencapai nilai minimal (kkm) yaitu 71. pengumpulan data dilakukan melalui penilaian tes tertulis, dan observasi kegiatan. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi membaca siswa dengan menggunakan metode sq4r. pada siklus 1 menunjukkan prestasi membaca siswa sebesar 67% pada pertemuan pertama dan 76% pada pertemuan kedua (kategori baik), sedangkan pada siklus 2 mencapai 84% (pertemuan pertama) dan 93% (pertemuan kedua) sangat baik. kategori. selain itu, persentase hasil belajar siswa pada siklus i sebesar 56% atau 18 dari 32 siswa di kelas mencapai nilai ketuntasan minimal (71) dengan nilai rata-rata 74 dan meningkat pada siklus ii menjadi 81% atau 26 dari 32 siswa dengan rata-rata 78. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sq4r dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas vii smp negeri 1 sebatik utara
Abstrak Indonesia
This study aims to improve students’ reading achievement using sq4r method of seventh grade students of smp negeri 1 sebatik utara. this study used classroom action research (car) by kemmis and mctaggart model which consist of four stages (planning, implementing, observing and reflecting). the subjects of this stsudy were students of class vii-a (32 students). the criteria for the success of this were 75% of students achieved the minimum scire (kkm), namely 71. data was collected through written test assessments, and observation of activities. the result indicated that increasing students’ reading achievement using the sq4r method. in cycle 1 showed that students’ reading achievement was 67% at the first meeting and 76% at the second meeting (good category), while in cycle 2 it reached 84% (first meeting) and 93% (second meeting) were very good category. in addition, the percentage of students’ learning outcomes in the first cycle was 56%, or 18 of 32 students in the class achieved a minimum completeness score (71) with an average score of 74 and increased in the second cycle to 81% or 26 of 32 students with average was 78. thus it can be concluded that the use of the sq4r method can improve students’ reading comprehension skills of seventh grade students at smp negeri 1 sebatik utara