UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi TaKu (Tambah Kurang) Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Di Kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi TaKu (Tambah Kurang) Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Di Kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengarang : Dinar Nurhayati Ramadhani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi taku (tambah kurang) yang ditinjau dari validitas media, materi, dan praktisi serta mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran aplikasi taku (tambah kurang). penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research dan development). prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan borg and gall yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok terbatas, revisi produk, uji coba produk kelompok luas, revisi produk akhir, desiminasi dan implementasi. penilaian kelayakan media pembelajaran aplikasi taku (tambah kurang) terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 100%, ahli materi 90%, ahli praktisi 98%. hasil validasi ahli media, materi dan praktisi menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi taku (tambah kurang) sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. hasil ketertarikan siswa pada uji coba kelompok terbatas sebesar 95% dan uji coba kelompok luas sebesar 92,5%. hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba kelompok terbatas dan kelompok luas menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap media pembelajaran aplikasi taku (tambah kurang). kata kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, aplikasi taku (tambah kurang), model borg and gall

Abstrak Indonesia

This study aims to produce learning media in the form of the taku application (add less) in terms of the validity of the media, materials, and practitioners and to find out students' interest in learning media for the taku application. this research is a research and development. the development procedure uses the borg and gall development model which consists of ten stages, namely, potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, limited group product trials, product revisions, broad group product trials, final product revisions, dissemination, and implementation. the assessment of the feasibility of this application learning media consists of media experts, material experts, and practitioner experts. the validation results obtained from media experts are 100%, material experts are 90%, and expert practitioners are 98%. the results of the validation of media experts, materials, and practitioners show that the taku application learning media is very suitable for use in the learning process. the result of student interest in the limited group trial was 95% and the broad group trial was 92.5%. the results of the student interest questionnaire in the limited group and wide group trials showed that students were very interested in the learning media of the taku application. keywords: research and development, learning media, taku application (add less), borg and gall model