UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Tarakan Ditinjau Dari Perspektif Siswa

Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Tarakan Ditinjau Dari Perspektif Siswa

Pengarang : Rezky Ananda Putri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari prespektif siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa yang diambil menggunakan sampel jenuh. instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket peran guru ditinjau dari perspektif siswa dan pedoman wawancara. berdasarkan analisis data, hasil penelitian dan pembahasan, menunjukan mayoritas perspektif siswa terhadap peran guru dalam proses pembelajaran berada pada kategori baik, terutama pada peran guru sebagai fasilitator dengan persentase sebesar 76%, sementara itu peran guru sebagai motivator dengan persentase 74,6%, peran guru sebagai pendidik dengan persentase 73,3%, peran guru sebagai orang tua dengan persentase 72% dan peran guru sebagai pemimpin berada pada persentase sebesar 66,6%. hal ini dapat dilihat dari sifat peduli yang guru miliki menciptakan kedekatan yang baik dengan siswa di kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru selalu memberikan ilmu atau pengetahuan yang baru kepada siswa, guru menjadi figure pemimpin di kelas seperti disiplin sehingga dapat memberi contoh yang baik di kelas, guru telah memfasilitasi siswa dengan pembelajaran yang menarik agar siswa menerima pembelajaran dengan baik oleh guru, guru selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk semangat mengejar cita-cita mereka, namun kedekatan antara guru dan siswa juga berpengaruh dalam proses pembelajaran. kata kunci: peran guru, proses pembelajaran, perpektif siswa

Abstrak Indonesia

This study aimed to describe the role of teachers in learning process viewed from the students' perspectives. the method used in this research was descriptive quantitative. the population of this study was the students of elementary school. the sample of this study were 75 students which taken by using a saturated sample. the instrument used in data collection was a questionnaire and interview guidelines. based on data analysis, the research results showed that the majority of students' perspectives on the teacher's role in learning process are in good category, especially the teacher's role as a facilitator with a percentage of 76%, meanwhile the teacher's role as a motivator was 74.6%, the teacher as an educator was 73.3%, the teacher's role as a parent was72% and the teacher's role as a leader was 66.6%. it can be seen from the caring nature of the teacher in creating a good closeness with students in classroom during the learning process, the teacher always provides new knowledge to students, the teacher becomes a leader figure in class such as discipline so that they can set a good example in classroom. in addition, the teacher has facilitated the students with interesting learning so students receive good learning by the teacher and always motivates students to be enthusiastic about pursuing their goals, but the closeness between teachers and students also affects the learning process. keywords: the role of teacher, learning process, students' perspective