
An Error Analysis On The Use of Simple Past Tense in Recount Text Made By English Department Students In Borneo Tarakan University
Pengarang : Atika
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tipe-tipe kesalahan simple past tense yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan bahasa inggris dalam menulis recount text, (2) mengidentifikasi kesalahan simple past tense yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa pendidikan bahasa inggris dalam menulis recount text, dan (3) mengidentifikasi penyebab kesalahan simple past tense yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan bahasa inggris dalam menulis teks recount. subjek penelitian ini adalah 34 orang mahasiswa semester 3. hasil menunjukkan ada 238 kesalahan yang ditemukan pada tulisan mahasiswa yang terdiri dari 74 kesalahan pada omission, 20 kesalahan pada addition, 141 kesalahan pada misformation dan 3 kesalahan pada misordering. kesalahan tersebut disebabkan oleh pengaruh dari bahasa pertama (interlingual) dan mahasiswa menyamakan aturan menulis bahasa inggris dengan bahasa indonesia (intralingual). kesimpulannya, mahasiswa cenderung mengalami masalah terkait simple past tense dalam teks recount and hal tersebut dipengaruhi oleh bahasa indonesia dalam proses belajar bahasa inggris dan faktor lainnya disebabkan oleh cara belajar mahasiswa.
Abstrak Indonesia
This research was conducted to (1) investigate the types of errors in simple past tense made by english department students of ubt in recount text writing, (2) find out the most frequent errors in simple past tense of their writings, and (3) identify the sources of errors in simple past tense of their writings. the subject of this research was 34 students of the third semester. the result showed that there were 238 errors found in the students’ writings, they were 74 errors of omission, 20 errors of addition, 141 errors of misformation and 3 errors of addition. these errors came from the influence of their first language rules (interlingual) and some errors occurred because the students generalized the rule and applied it incompletely (intralingual). in conclusion, the students tended to have problems related to simple past tense in recount text and it caused by the influence of the native language pattern (indonesia) in the process of learning target language and the most factors was occurred because of the students’ learning styles.