UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Dan Keaktifan Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengaruh Minat Dan Keaktifan Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Nusran

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh minat belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh keaktifan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh minat dan keaktifan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas viii smp negeri 12 tarakan sebanyak 131 siswa. teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner minat dan keaktifan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii dan dokumen hasil belajar matematika siswa seluruh kelas viii. data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu spss 26.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara minat belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 63,942 + 0,234x1., dan terdapat pengaruh secara parsial antara keaktifan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 86,258 - 0,193x2. selain itu hasil penelitian menujukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara minat dan keaktifan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 73,981 + 0,259x1 - 0,211x2. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui minat dan keaktifan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran daring secara simultan memberikan pengaruh sebesar 9,9% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan. kata kunci: minat belajar, keaktifan belajar, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to determine the impact of interest in learning in the implementation of online learing on students’ mathematics learning outcomes; the impact of active learning in the implementation of online learning on students’ mathematics learning outcomes; and the impact of interest and active learning in the implementation of online learning on students’ mathematics learning outcomes at class viii students smpn 12 tarakan. this study was conducted during the even semester of the school year 2021/2022. quatitative research was employed through survey methodologies. a total of 131 students from class viii smpn 12 tarakan were the respondents in this investigation. in this study, the data was collected by distributing interest and active learning questionnaries in the implementation of online learning on the on the mathematical learning outcomes of class viii students, as well as documenting the mathematics learning outcomes of all students in class viii. the data gathered was analyzed using spss 26.0, a statistical data analysis tool. the results showed that there was a partial influence between learning interest in the implementations of online learning on the mathematics learning outcomes of classs viii smpn 12 tarakan with regression equation= 63,942 + 0,234x1, and there was a partial influence between active learning in the implementation of online learning on the mathematics learning outcomes of eighth grade students of smpn 12 tarakan with the regression equation= 86,258 – 0,193x2. futhermore, the study’s findings revealed that there was a simultaneous significant effect between interest and active learning in the implementation of online learning on the mathematical learning outcomes of smpn 12 tarakan class viii, using the regression equation= 73,981 + 0,259x1-0,211x2. according to the results of the coefficient of determination calculation, interest and learning activity in the implementation of online learning had a combined influence of 9,9% on the mathematical learning outcomes at class viii students of smpn 12 tarakan. keywords: learning interest, active learning, mathematics learning outcomes