
Evaluasi Kualitas Sistem Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Borneo E-Learning (BEL) Menggunakan Model Multidimensional EESS (Evaluating E-Learning System Success)
Pengarang : Rahma
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kualitas sistem teknis, kualitas informasi, kualitas sistem pendukung atas kualitas sistem pembelajaran daring (bel) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, penggunaan, dan manfaat (berdasarkan model evaluating e-learning system success) pada pengguna di universitas borneo tarakan. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling dan dengan teknik purposive sampling. sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas borneo tarakan yang pernah menggunakan aplikasi borneo e-learning (bel) dalam kegiatan pembelajaran. penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus hair yang ditentukan bahwa sampelnya sebanyak 310 responden. penelitian ini menggunakan alat analisis structural equation modelling (sem) dengan menggunakan software pendukung smartpls versi 3.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem teknis dan kualitas sistem pendukung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dan penggunaan dari borneo e-learning (bel). sedangkan kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan penggunaan dari borneo e- learning (bel). serta kepuasan pengguna dan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat yang dirasakan.
Abstrak Indonesia
The study aims to test whether quality of technical system, information, support system on the quality of online learning system (bel) has positive effect on users' satisfaction, usage, and advantages (based on evaluating e-learning system success model) at borneo tarakan university. this research employed quantitative approach using non-probability sampling method and purposive sampling technique. the sample was student of borneo tarakan university us user of borneo e-learning (bel) application. the number of samples was 310 respondents was conducted by using hair formula. to analysis to research data, researcher used a structural equation modelling (sem) supported by smart pls version 3.0. the result showed that the quality of the technical system and the quality of support system had a positive and significant effect on users' satisfaction. while, the quality of information has no effect on user's satisfaction and use of borneo e-learning (bel). as well as user satisfaction and use have positive and significant effect on perceived benefit.