UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Kopi Asli Cap Tani Malinau Dengan Menggunakan Metode Kano

Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Kopi Asli Cap Tani Malinau Dengan Menggunakan Metode Kano

Pengarang : Rispianti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kopi di malinau merupakan kopi lokal, dimana ini menjadi kearifan lokal yang patut dilestarikan dan dikembangkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut produk yang diinginkan oleh konsumen produk kopi asli aci cap tani malinau yang menjadi persyaratan kualitas dan untuk mengetahui penerapan metode kano dalam memenuhi kepuasan konsumen produk kopi asli aci cap tani malinau. jumlah responden penelitian ini yaitu 110 responden yang merupakan konsumen yang pernah mencicipi minimal 2 kali produk kopi asli aci cap tani malinau dan minimal berusia 17 tahun. pengukuran kepuasan yang dilakukan dengan menggunakan metode kano. hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hanya ada 3 dari 6 kategori metode kano, yaitu must-be, one-dimensional, attractive, indifferent, reverse, dan questionable, yang ada dalam penelitian ini, yaitu must-be, one-dimensional, dan attractive. nilai kepuasan tertinggi yaitu pada atribut p2 yang tergolong dalam kategori one-dimention yaitu “rasa kopi aci seimbang antara pahit, manis dan asam” dengan nilai kepuasan sebesar 0, 72. nilai ketidakpuasan tertinggi yaitu pada atribut p3 yang tergolong must-be yaitu “kopi aci memiki aroma yang khas” dengan nilai ketidakpuasan sebesar 0,80 jika tidak terpenuhi.

Abstrak Indonesia

Coffee in malinau is a local product, it is a local genius to be preserved and developed more in the future. the objective of the research was to find out the product' attribute the consumer want from a coffee of asli aci cap tani malinau to know the requirementsof the product quality to find out them, a kano method was applied. the respondents were 110, they have tried the product at least two times, and at least 17 ys. kano has 6categories must be, one dimensional, attractive, indifferent, reverse, and questionable. among them, there were only three indicated by the customers, ie must-be, one-dimension, and attractive. the highest point was p2 attribute, that is one- dimension, "the taste of aci coffee is balanced between bitter, sweet, and sour", witha satisfaction rate of 0 72. the high dissatisfaction was on p3 attribute, which is on must-be category, ie "aci coffee has a typical smell" with a 0 80.