UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesadaran Metakognisi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 3 Malinau Pada Mata Pelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19

Analisis Kesadaran Metakognisi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 3 Malinau Pada Mata Pelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19

Pengarang : Febri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesadaran metakogisi siswa kelas xi sma negeri 3 malinau pada mata pelajaran biologi di masa pandemi covi-19. pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket metacognitive awarance inventory (mai). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi ipa yang ada di sma negeri 3 malinau. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 63 siswa yang terdiri dari dua kelas. hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran metakognisi siswa kelas xi sma negeri 3 malinau pada mata pelajaran biologi di masa pandemi covid-19 memiliki kesadaran metakognisi yang sangat baik. hal ini dibuktikan dengan jumlah jawaban responden pada kedua aspek metakognisi yaitu pada aspek pengetahuan metakognisi yang terdiri dari pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional memiliki rata-rata sebesar 84,8% dan regulasi kognisi yang terdiri dari perencanaan, strategi mengolah informasi, pemantauan terhadap pemahaman, strategi perbaikan dan evaluasi memiliki rata-rata sebesar 81% dengan nilai presentase keseluruhan pada kesadaran metakognisi siswa yaitu 82,5% dengan kategori sangat baik.

Abstrak Indonesia

This research was a survey study using a descriptive-quantitative method to determine the metacognitive awareness of grade xi students from sma negeri 3 malinau on biology subjects during the covid-19 pandemic. the research data were collected using the metacognitive awareness inventory (mai) questionnaire. the research population was all grade xi science student from sma negeri 3 malinau. the research samples were selected using a purposive sampling technique by determining the samples based on certain considerations. the total samples were 63 students from two classes. the results showed that the metacognitive awareness of grade xi student from sma negeri 3 malinau on biology subject during the covid-19 pandemic was very good proven by the respondents’ answers to both metacognitive aspects: metacognitive knowledge which consists of declarative knowledge, procedural knowledge, and conditional knowledge with the average of 84.8% and cognitive regulation which consists of planning, information processing strategies, understanding monitoring, improvement and evaluation strategies with the average of 81%. thus, the metacognitive awareness of grade xi students from sma negeri 3 malinau on biology subject during the covid-19 pandemic was simultaneously 82.5% and classified into very good category.