UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbasis Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Nunukan

Identifikasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbasis Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Nunukan

Pengarang : Kasmah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman konsep matematika siswa berbasis video pembelajaran matematika kelas viii-i smp negeri 1 nunukan pada materi prisma. jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-i smp negeri 1 nunukan sebanyak 2 (dua) yang dipiih dengan menggunakan teknik purposive sampling. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. instrumen kemampuan pemahaman konsep matematika yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 soal materi prisma berdasarkan indikator pemahaman matematika menurut jihad dan haris (syarifah, 2017:h.64). hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika siswa pada indikator kemampuan mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu siswa sudah mampu mengkelompokkan informasi dan menjelaskan maksud dari soal yang diberikan. pada indikator kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu siswa sudah mampu menggunakan dan memilih operasi yang akan digunakan. sedangkan pada indikator kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah siswa sudah mampu mengaplikasikan rumus yang akan diguakan dengan tepat dan menyelesaikan soal yang diberikan secara sistematis sesaui dengan langkah-langkah yang tepat akan tetapi ada beberapa bagian dari jawaban siswa yang kurang teliti. kata kunci: pemahaman konsep, video pembelajaran, matematika

Abstrak Indonesia

This study aims to investigate students' understanding on mathematical concepts (prisma) based on video learning mathematics for class viii-i smp negeri 1 nunukan. the type of research used was descriptive qualitative approach. the subjects were 2 (two) students' grade students of smp negeri 1 nunukan who were selected by using purposive sampling technique. the data collection technique research result showed that based on indicators of students' understanding on mathematical concepts indicates students' ability to classify objects according to certain characteristics have not statisfied, students face difficulties to calssify information and explain the meaning of the questions given. while on the indicator of the ability on problem solving alforithms, students were able to apply the formulas approproately and solve the questions given systematically according to the right steps, but there were some parts of students' answers that were. keywords: concert, mathematic concept, video learning