
Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Bunyu
Pengarang : Lisantri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Perubahan pelaksanaan sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka (offline) berubah menjadi pembelajaran secara daring (online) menyebabkan banyak siswa melakukan perilaku prokrastinasi akademik. upaya yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring. konseling kelompok sebagai salah satu bentuk konseling dengan memanfaatkan kelompok untuk membantu, memberi umpan balik dan pengalaman belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas ix smp negeri 2 bunyu. penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. dengan populasi sebanyak 59 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling sebanyak 10 orang siswa menurut teori roscoe (dalam sugiyono 2015). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik yang diadaptasi dari ghaida (2019) berdasarkan teori ferrari, johnson & mccown (1995). teknik analisis data dari hasil hipotesis paired sample t-test yang diperoleh ha diterima dikarenakan nilai signifikan 0.001 < 0,05 dan nilai t hitung 60.374 > t tabel 1.833. sehingga penerapan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas ix smp negeri 2 bunyu. kata kunci: konseling kelompok, perilaku pprokrastinasi akademik, teknik cognitive restructuring
Abstrak Indonesia
To adjust the implementation of the learning system that were previously con-ducted face-to-face learning have lead to many students engaging in academic procrasti-nation behavior. the providing of group counseling services with cognitive restructuring techniques is being used to struggle this. group counseling is a type of counseling that involves using groups to help, provide feedback, and learn. the purpose of this study is to determine the effectiveness of group counseling combined with effective cognitive restruc-turing techniques in reducing academic procrastination behavior at nine grader students of smp negeri 2 bunyu . this is a quantitative study that takes an experimental approach with a one-group pretest-posttest design. there were 59 students as the population and it took 10 students as a simple random sampling technique, based on roscoe's theory (in sugiyono 2015). the academic procrastination scale, adapted from ghaida (2019) and based on ferrari, johnson, and mccown theory, was used to collect data (1995). the data analysis technique based on the results of ha's paired sample t-test hypothesis was accepted because the significant value was 0.001 0.05 and the tcount value was 60.374> t table 1.833. it can be concluded that the implementation of group counseling with cog-nitive restructuring techniques is effective in reducing academic procrastination behavior of nine grader students of smp negeri 2 bunyu. keywords: group counseling, academic procrastination behavior, cognitive restructuring technique