UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengarang : Lisa Azizah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe model elicitng activities (meas) terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas ix smp muhammadiyah 1 tarakan. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen single subject research (ssr) dengan desain a-b-a’. subjek dalam penelitian ini meruoakan 3 siswa di kelas ix. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir logis. data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk table dan grafik. hasil penelitian menunjukkan bahwa model eliciting activities berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai pada subjek setelah diberikan intervensi. adapun nilai subjek pada tahap baseline a yaitu subjek y mendapat skor rata-rata 33,3, pada subjek r mendapat skor rata-rata 33,3 dan subjek i mendapat skor rata-rata 36,5. pada tahap intervensi subjek y mendapat skor rata-rata 42,5, pada subjek r mendapat skor rata-rata 43,7, pada subjek i mendapat skor rata-rata 47,9. pada tahap baseline a’ subjek y mendapat skor rata-rata 64,6, pada subjek r mendapat skor rata-rata 66,6 dan pada subjek i mendapat skor rata-rata 77,1. hal ini juga didukung dengan tidak adanya data tumpang tindih pada tahap baseline a dengan tahap intervensi yaitu sebesar 0%. kata kunci: model eliciting activities (meas), kemampuan berpikir logis

Abstrak Indonesia

This research aimed to figure out the effect of meas (model eliciting activities) cooperative learning model on logical thinking skill of grade ix students at smp muhammadiyah 1 tarakan. this research used a quantitative study with a single subject research (ssr) using the a-b-a’ experimental design. the research subjects were 3 grade ix students of smp muhammadiyah 1 tarakan. the data were collected using tests. this research used a logical thinking ability test as the data collection instrument. the collected data were then analyzed using the descriptive statistics displayed in the form of tables and graphs. the results showed that meas (model eliciting activities) affected the students’ logical thinking skill indicated by the increasing scores on subjects given the intervention. the scores on subjects at the baseline stage a consisting of subject y, subject r, and subject i respectively had the average scores of 33.3, 33.3, and 36.5. at the intervention stage,subject y, subject r, and subject i had the average scores of respectively 42.5, 43.7, and 47.9. at the baselines stage a’, subject y, subject r, subject i had the average scores of 64.6, 66.6, and 77.1. this was also intervention stage of 0%. keywords: eliciting activities model (meas), logical thinking ability