
Saluran Pemasaran Dan Analisis Faktor-Faktor Yang Dominan Terhadap Pendapatan Ayam Pedaging Pola Kemitraan Di Kota Tarakan
Pengarang : Erwan Kusnadi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini di latar belakangi oleh keingintahuan atas bagaimanakah hubungan antar faktor-faktor produksi terhadap usaha ayam pedaging pola kemitraan, jika umur panen ayam pedaging dilakukan melebihi batas ideal panen ayam pedaging di kota tarakan. penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan saluran pemasaran ayam pedaging pola kemitraan; (2) mendeskripsikan faktor-faktor produksi ayam pedaging pola kemitraan; (3) menganalisis faktor-faktor produksi yang dominan terhadap pendapatan peternak di pola kemitraan; (4) menganalisis persamaan regresi antara faktor produksi terhadap pendapatan peternak di pola kemitraan. lokasi penelitian di kota tarakan. metode pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dengan jumlah responden 60 peternak. metode analisis menggunakan analisis faktor, analisis regresi linier berganda dan analisis deskriptif. hasil penelitian menjelaskan bahwa saluran pemasaran ayam pedaging di kota tarakan terdiri atas 5 model saluran pemasaran, sedangkan yang terbentuk adalah 2 faktor, meliputi faktor 1 yang berhubungan dengan biaya pakan, biaya tenaga kerja dan biaya doc, dan faktor 2 yang berhubungan dengan biaya penyusutan, biaya obat dan biaya pemeliharaan. berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi sebagai berikut, y= -0.0000000000000001545 – 0.374.x1 – 0.225.x2. kata kunci: faktor produksi, pendapatan, analisis faktor, analisis regresi, model saluran pemasaran
Abstrak Indonesia
The background of this research by curiosity over how the relationship between the factors of production to the broiler business partnership, if harvesting is done beyond the limit broiler ideal harvest in the town of tarakan. this study aims are: (1) to describe the broiler marketing channel partnership; (2) to describe the factors broiler production partnership; (3) analyze the factors of production that are dominant against the income of farmers in the partnership; (4) analyze the regression equation between the factors of production to the farmer's income in the partnership. research sites in tarakan. the data was collected by using simple random sampling technique, are data were collected by using interview techniques, and the number of respondents 60 breeder. the method of analysis by using factor analysis, regression analysis and descriptive analysis. the results of the study explained that the broiler marketing channels in tarakan consists of 5 models of marketing channels, while the second factor is formed, first that includes factors related to feed costs, labor costs and the cost of doc, the second factors associated with depreciation costs, drug costs and maintenance costs. based on the results regression analysis obtained regression equation as the following y=-0.0000000000000001545-0.374.x1-0.225.x2. keywords: factors of production, revenue, factor analysis, regression analysis, model of marketing channel