UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pemasaran Rumput Laut (Sea Weed) Di Pantai Amal Kelurahan Pantai Amal Kota Tarakan

Strategi Pemasaran Rumput Laut (Sea Weed) Di Pantai Amal Kelurahan Pantai Amal Kota Tarakan

Pengarang : Magdalena

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Peranan pemasaran sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian pada saat ini. sehingga menyebabkan munculnya beraneka ragam bidang usaha yang menawarkan produk guna memenuhi kebutuhan konsumen, dan harga guna menunjang kualitas produk. penelitian ini bertujuan mengetahui permasalahan pemasaran dan merumuskan strategi pemasaran rumput laut di kota tarakan. metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling. metode yang dilakukan adalah dengan wawancara dan observasi yang mengacu pada permasalahan yang ditemukan. metode analisis data yang digunakan adalah analisis swot ifas efas.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan rumput laut yang ada di pantai amal adalah harga yang fluktuatif, tempat budidaya yang jauh dari pabrik, produk rumput laut tidak ada standarisasi dan pemasarannya tidak menggunakan promosi, kondisi pemasaran rumput laut di kota tarakan saat ini berada di kuadran i atau dalam pertumbuhan yang yang cepat, sehingga strategi yang bisa dikembangkan adalah rapid growth strategy, maka alternatif strategi yang dapat dikembangkan adalah: (1) dari faktor internal yang menjadi kekuatan, maka strategi yang bisa diterapkan untuk permintaan pasar rumput laut yang semakin meningkat maka perlu adanya pengembangan produk dengan cara menambah nlai tambah produk (added value), (2) dari faktor internal yang menjadi kelemahan, maka strategi yang bisa diterapkan adalah peningkatan kualitas rumput laut berdasarkan standar sehingga harga lebih stabil, selain itu dilakukan sortasi untuk pengelompokan kualitas rumput laut. sehingga harga lebiah bervariasi berdasarkan kualitasnya, (3) dari faktor eksternal yang menjadi peluang, maka strategi yang bisa diterapkan adalah peningkatan produktivitas bididaya rumput laut dengan cara meningkatkan efisiensi penggunaan faktor produksi, (4) dari faktor eksternal yang menjadi ancaman maka strategi yang bisa diterapkan adalah pembentukan kelembagaan, khususnyan untuk hasil budidaya rumput laut contohnya koperasi unit desa (kud). kata kunci: strategi pemasaran, rumput laut, swot ifas efas

Abstrak Indonesia

Marketing roled was very important for economic growth and developing this moment. that caused the emergence of a wide range of businesses that offered any product for consumer needs. this research aimed to knowed marketing problems and to formulated marketing strategies of seaweed in tarakan city. the method of determining the location of this research was done with purposive sampling. the data collected method was used interviews and observation. the data analysis was used swot ifas efas analysis. the results showed marketing problem of seaweed at pantai amal were the fluktuatif price, place of cultivation far from factory, there was nothing standarization product of seaweed and marketing without the promotion. result of swot ifas efas analysis showed marketing potiton of seaweed in tarakan city for this momentat first quadrant or in condition fasting developing. so, the strategy can done was rapid growth strategy. the strategy can improved were: (1) for internal factor being the strenght, applied strategy can was for the higher demand of sea weed there need to added value with differsification product., (2) for the internal factor being the weakness, the strategy can applied was increase the seaweed quality base on standarizatons to make stability price., (3) from external factor being opportunity the strategy can applied was made effeciency used of production factors, (4) from external factor being threat, the strategy can done was made the institutional at farmer level, for example made village cooperatives specialy sea weed product. keywords: marketing startegy, seaweed, swot ifas efas