
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Roti Barokah Bakery Di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Barokah Bakery)
Pengarang : Riduansyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Pertanian dan industri pengolahan hasil pertanian (agroindustri) merupakan sektor yang mempunyai peran cukup besar dalam meningkatkan perkembangan perekonomian (soekartawi, 1999), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kepuasan konsumen yaitu kinerja produk (performance), keistimewaan tambahan (features), ketahanan (durability), dan jaminan (assurance) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. sempel yang diambil sebanyak 60 responden yang menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan porposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang digunakan apabila peneliti mempunyai pertimbangan tertentu dalam menetapkan sampel. berdasarkan penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: y=0,028+0,121x1+0,285x2+0,311x3+0,297x4+e, hasil artinya bahwa dimensi kepuasan yang terdiri dari kinerja produk (performance), keistimewaan tambahan (features), ketahanan (durability), dan jaminan (assurance) secara bersama sama memiliki pengaruh yang positif. berdasarkan uji f dilihat bahwa variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, hasil signifikan menunjukkan bahwa variabel keistimewaan tambahan (features) berpengaruh positif dan signifikan hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hasil signifikan menunjukkan bahwa variabel ketahanan (durability) berpengaruh positif dan signifikan hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel jaminan (assurance) berpengaruh positif dan signifikan hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan berdasarkan hasil analisis koefisien determinan diketahui adjusted r square (r2 ) sebesar 0,773 artinya 77,3% kepuasan konsumen (y) dijelaskan oleh variabel independen. sedangkan sisanya sebesar 22,7 di jelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. kata kunci: kepuasan konsumen, kinerja produk, keistimewaan tambahan, ketahanan, jaminan
Abstrak Indonesia
Agriculture and agro-processing industry (agro-industry) was sector that has a significant role in improving economic development (soekartawi, 1999), this study a im to determine what the dimensions in customer satisfaction were product performance (performance), additional privileges (features), durability (durability) and guarantees (assurance) affects customer satisfaction. samples taken as many as 60 respondents who use the method of non-probability sampling purposive sampling approach, the sampling technique used when researchers have a particular consideration in determining the sample. based on the study, obtained the following regression equation: y=0.028+0,121x1+0,285x2+0,311x3+0,297x4+e, the result means that the dimensions of satisfaction which consists of product performance (performance), additional privileges (features), durability (durability) and guarantees (assurance) with the same have a positive influence. based on f test shows that the independent variables have a significant impact on consumer satisfaction, the significant results showed that the variable additional feature (features) positive and significant impact it indicates that the value of significant 0,000 < 0,05, significant results showed that the variable resistance (durability) positive and significant impact it indicates that the value ofsignificant 0.000 < 0,05, significant results showed that the variable guarantees (assurance) positive and significant impact it indicates that the value significant 0,001 < 0,05 and based on the results of the analysis are known determinant coefficient adjusted r square (r 2 ) of 0.773 means that 77.3% of consumer satisfaction (y) is described by the independent variables. while the rest of 22.7 explained by other factors not examined in this study. keywords: consumer satisfaction, performance, features, durability assurance