UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Karakteristik Konsumen Dan Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Usaha Jamu “Ibu Ratna” Di Kelurahan Mamburungan Kota Tarakan)

Karakteristik Konsumen Dan Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Usaha Jamu “Ibu Ratna” Di Kelurahan Mamburungan Kota Tarakan)

Pengarang : Muriati Ika Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jamu adalah salah satu warisan budaya indonesia yang sampai saat ini masih bertahan dan terus dilestarikan. minuman sehat racikan asli indonesia ini masih menjadi pilihan masyarakat tradisional walaupun produk obat-obatan modern sudah muncul di pasaran. jamu terbuat dari campuran tumbuh-tumbuhan yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tentang karakteristik konsumen jamu murni “ibu ratna’ (2) untuk mengetahui pengaruh faktor–faktor bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan jamu murni “ibu ratna”.metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa karakteristik konsumen jamu murni ibu ratna didominasi oleh perempuan, kisaran umur responden 32 – 39 tahun, jenis pekerjaan yang dominan adalah ibu rumah tangga, tingkat pendidikannya yaitu sekolah menengah atas (sma), penghasilan perbulannya yaitu berkisar rp. 1.100.000,00 hingga rp. 2.000.000,00 setiap bulannya. faktor – faktor bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan bersama (simultan) terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai fhitung sebesar 129.992 > ftabel yaitu sebesar 2,579. produk dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung faktor produk sebesar 17.729 > ttabel yaitu sebesar 2,25 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung faktor promosi sebesar 2.083 < ttabel yaitu sebesar 2,25 dengan tingkat signifikan 0,043 < 0,05. sedangkan harga dan tempat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung faktor harga sebesar 1,530 < ttabel yaitu sebesar 2,25 dengan tingkat signifikan 0,133 > 0,05 dan thitung faktor tempat sebesar 1,292 < ttabel yaitu sebesar 2,25 dengan tingkat signifikan 0,203 > 0,05. adapun analisis persamaan regresi linear berganda diperoleh persamaan, y = -5.335 + 1.358.x1 + 0.027.x2 + 0.029.x3 + 0.038.x4 + e. kata kunci: jamu, karakteristik, bauran pemasaran, regresi berganda

Abstrak Indonesia

Herbal medicine is one of indonesia's cultural heritage which still survive and continue to be preserved. healthy drink of the region remained indonesia's original choice of traditional society even though modern medicine products has emerged on the market. herbal medicine made from a mixture of herbs that are believed to have benefits for health. as for the goals of this research are (1) to find out about the characteristics of the consumers pure herbs "ibu ratna ' (2) in order to know the influence of factors – factors of marketing mix towards customer satisfaction of pure herbs" ibu ratna ". analysis of the method used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. based on the results of the research, it can be inferred that the consumer of the characteristics of the pure herbs ibu ratna was dominated by women, the range of 32 respondents age–39 years, the dominant type of job is a housewife, level of education, namely secondary school (high school), earnings per month i.e. rp. 1,100,000.00 to rp. 2,000,000.00 per month. factor–factors significantly influential marketing mix together (simultaneous) toward customer satisfaction with the value of the fcount of 129,992 > ftabel i.e. of 2.579. product and promotion effect significantly to customer satisfaction with the value of the product of factors tcount > ttabel 17,729 i.e. amounting to a significant level of 0.000 2.25 < 0.05 and promotional factor of 2.083 tcount < ttabel i.e. amounting to a significant level with 2.25 0.043 < 0.05. while prices and place do not affect significantly to customer satisfaction with the value of the tcount factors of the price of 1.530 < ttabel i.e. amounting to a significant level with 2.25 0.133 > 0.05 and tcount factors in place of 1.292 < ttabel i.e. amounting to a significant level with 2.25 0.203 > 0.05. as for the analysis of multiple linear regression equations obtained equation, y =-5,335 + 1,289. x1 + 0.027.x2 + 0.038.x3 + 0.029.x4 + e. keywords: herbal, characteristics, marketing mix, multiple linear regression