
Analisis Kelayakan Ekonomi Dan Saluran Pemasaran Usahatani Padi (Oryza sativa L.) Varietas Lokal Di Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan
Pengarang : Dewi Sartika K.
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui tingkat kelayakan ekonomi usahatani padi di desa binalawan kecamatan sebatik barat (2) mengetahui saluran pemasaran usahatani padi di desa binalawan kecematan sebatik barat. penelitian ini di laksanakan di desa binalawan kecamatan sebatik barat kabupaten nunukan. metode yang digunakan dalam peneliti adalah metode deskriptif dengan alat analisis kelayakan ekonomi yaitu analisis biaya, analisis penerimaan, analisis pendapatan, analisis r/c (ratio), analisis titik impas (break even point), dan analisis margin tataniaga pemasaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan usahatani padi varietas lokal membutuhkan biaya total sebesar rp. 6.557.008.- biaya penerimaan sebesar rp. 19.628.000.- biaya pendapatan rp. 13.070.992.- r/c ratio sebesar 2.99 dan bep penerimaan sebesar rp. 162.879.- bep produksi sebesar 40,705 kg, bep harga sebesar rp 1.336.-dan margin pemasaran yang terjadi pada saluran i dan saluran ii berbeda-beda.yaitu pada saluran i lembaga pemasaran pengecer memperoleh margin pemasaran sebesar rp. 1.000.- dan saluran pemasaran ii lembaga pemasaran pengepul memperoleh margin sebesar rp. 500.- sedangkan lembaga pemasaran pengecer memperoleh margin sebesar rp. 2.000.- perbedaan margin pemasaran yang cukup besar ini dikarenakan adanya biaya transportasi, biaya tenaga kerja, dan biaya pengepekan yang dikeluarkan. kata kunci: kelayakan, pemasaran, usahatani
Abstrak Indonesia
The aims of this research are (1) to know the level of the economic feasibility of farming rice in binalawan village, kecamatan sebatik barat (2) to know the marketing channels of farming rice in binalawan village, sebatik barat, regency of nunukan. the researcher used the descriptive method, descriptive method are economic feasibility analysis tool, cost analysis, analysis of acceptance, income analysis, analysis r/c (ratio), analysis break even (break even point), and analysis of the margins of commerce marketing. the results of the research showed that the feasibility of local varieties of rice farming the total cost of rp. 6.557.008- cost of admission rp. 19.628.000 income cost rp.13.070.992 r/c-ratio of 2,99 and bep cost of admission rp. 162,881 bep production of 40,705 kg, bep price amounting to rp 1.336 marketing margin and occur on the channel i and channel ii is different in channels i agency channel marketing margin obtained of rp. 1000.- and channel agency ii marketing margin obtained rp 500,- meanwhile marketing agency retailers gain marketing agency rp. 2,000.0-the difference of marketing margin large enough because of transport costs, labor costs, and the cost of packers issued. keyword: feasibility, marketing, farming