
Analisis Kelayakan Finansial Dan Bauran Pemasaran Usaha Keripik Ubi Ungu (Ipomoea batatas L.) (Studi Kasus UKM Doni Kampung Empat Kota Tarakan)
Pengarang : Emi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Ubi ungu merupakan bahan baku untuk memproduksi keripik ubi ungu. salah satu kendala ketersediaan bahan baku yang masih terbatas sehingga menyebabkan pengolahan keripik ubi ungu hanya bisa dilakukan 2 kali dalam satu minggu, sehingga tidak dapat memproduksi setiap hari. tujuan dari penelitian ini (1) untuk menganalisis kelayakan finansial keripik ubi ungu yang dilaksanakan oleh ukm doni (2) untuk mengetahui bauran pemasaran yang dilakukan oleh ukm doni ditinjau dari segi perencanaan produk, harga, distribusi, dan promosi. penelitian ini dilaksanakan di kota tarakan, provinsi kalimantan utara. metode analisis data yang digunakan adalah untuk mengetahui kelayakan finansial keripik ubi ungu menggunakan analisis biaya usaha, analisis penerimaan, analisis keuntungan, analisis rcr, analisis bep, dan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran menggunakan analisis deskriptif. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) usaha keripik ubi ungu di ukm doni layak secara finansial dengan parameternya (a) nilai rcr lebih besar dari satu (rcr = 2,47) artinya setiap rp 1.00 yang dikeluarkan, maka akan mendapatkan rp 2,47 kali lipatnya. sehingga usaha keripik ubi ungu layak diusahakan. (b) nilai bep harga adalah sebesar rp 4.853 per bungkus, artinya, harga produk keripik ubi ungu sudah diatas bep harga sebesar rp 12.000, sehingga dikatakan layak (c) nilai bep produksi adalah sebesar 14 bungkus, artinya produksi keripik ubi ungu sudah diatas bep produksi sebesar 1.650 bungkus, sehingga dikatakan layak (d) nilai bep penerimaan adalah sebesar rp 174.155, artinya usaha produk keripik ubi ungu sudah diatas bep penerimaan sebesar rp 19.800.000, sehingga dikatakan layak, dan (2) bauran pemasaran yang dilakukan oleh ukm doni yaitu (a) kemasan produk yang baik karena hanya satu jenis produk saja, ketebalan plastik yang digunakan dapat bertahan lama, dalam kemasan label sudah ada ijin p-irt serta terdapat tanggal kadaluarsanya (b) harga ditingkat produsen sebesar rp 12.000 per 100 gram (c) distribusi usaha yang dilakukan pengusaha yaitu masih dalam wilayah kota tarakan (d) promosi yang dilakukan pengusaha saat ini menggunakan iklan promosi seperti facebook. kata kunci: usaha keripik ubi ungu, kelayakan finansial, bauran pemasaran
Abstrak Indonesia
Purple sweet potato was the raw material for the production of purple sweet potato chips. one of the obstacles to availability of raw materials is still limited causing purple sweet potato chips processing can only be done 2 times a week, so it can not produce every day. the purpose of this study were (1) to analyze the financial feasibility of purple sweet potato chips implemented by ukm doni (2) to determine the marketing mix made by ukm doni in terms of product, price, distribution, and promotion. this research was conducted in the town of tarakan, north kalimantan province. data analysis method used was to determine the financial feasibility of purple sweet potato chips used analysis of business costs, reception analysis, profit analysis, analysis rcr, bep analysis and to determine the marketing mix using descriptive analysis. based on the results, it can be concluded that (1) business purple sweet potato chips it ukm doni financially viable with parameters (a) rcr value greater than one (rcr = 2,47) means that every rp 1.00 issued, it will get rp 2,47 times as much so as the business viable purple potato chips (b) the bep is the price of rp 4.853 per pack, that is to say the price of purple sweet potato chips product already on bep price of rp 12.000, so it is feasible (c) the value bep production amounted to 14 wrap, purple sweet potato chips production means already above bep wrap production to 1.650, so it is feasible (d) the acceptance bep is rp 174.155, which means that efforts purple sweet potato chips product already on bep acceptance of rp 19.800.000, so it is feasible, and (2) marketing mix which is done by ukm doni namely (a) the product packaging are good for only one type of product, the thickness of the plastic used to last a long time, in the packaging label existing p-irt permits and there is the expiration date (b) the level of producer price of rp 12.000 per 100 grams (c) the distribution efforts of employers are still in the city of tarakan (d) promotion by employers today use promotional advertising as facebook. keywords: purple potato chips business, financial feasibility, marketing mix