
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Petani) Kredit Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tanjung Selor
Pengarang : Irma Pramai Agnesia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Modal usaha seringkali menjadi kendala bagi petani dalam melakukan kegiatan ushataninya sedangkan modal adalah faktor internal yang penting dalam pelaksanaan usahatani yang dijalankan oleh petani. kredit usaha adalah salah satu sumber yang bisa diakses oleh petani melalui kerjasama dengan pihak perbankan. salah satu perbakan yang menyediakan kredit untuk petani adalah bank rakyat indonesia (bri). namun hanya sedikit petani yang telah memanfaatkan layanan kredit pada bank. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik nasabah petani kredit dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah petani kredit pada bank rakyat indonesia cabang tanjung selor. populasinya adalah seluruh nasabah petani yang melakukan kredit pada bank rakyat indonesia cabang tanjung selor, yaitu sebanyak 49 nasabah, sampel diambil dengan menggunakan metode total sampling atau sensus. hasil penelitian memperlihatkan: karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh pria (94%), berdasarkan usia yaitu 4752 tahun (47%), berdasarkan jenis usaha yaitu peternak sapi (77,55%), berdasarkan jenis kredit yaitu kur (96%) dan berdasarkan jumlah kredit yaitu rp. 50.000.000-74.000.000 (90%). uji normalitas = 0,912 menunjukkan regresi penelitian ini terdistribusi secara normal. uji f = 0,000 < 0,05 maka model persamaan regresi linear sederhana yang digunakan cocok. uji t = 0,000 < 0,05 maka kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah petani kredit pada bri cabang tanjung selor. hasil uji koefisien determinasi (r²) sebesar 0,553 (55,3%) dan sisanya 44,7% yang dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. faktor lain tersebut adalah kemungkinan jaminan kredit dan suku bunga. adapun suku bunga pada bri cabang tanjung selor yaitu untuk kur 0,7% sedangkan kkpe 0,6%. kata kunci: pelayanan, kepuasan, nasabah
Abstrak Indonesia
Venture capital was often an obstacle for farmers in the conduct of their farming activities, while the capital is an important internal factors in the implementation of farming business by farmers. business credit is one of the sources that can be accessed by farmer through cooperation with the banking sector. one of the banks that provide credit for farmer is bank rakyat indonesia (bri). but only a few farmers have used the services of the credit at the bank. the purpose of this research is to know the characteristics of the farmer as costumer credit and to analyze sercive quality influence towards costumer satisfacation of farmers of credit at the bank republik indonesia (bri) branch tanjung selor. the population in this research are all costumers of farmers who have credit in bank republik indonesia (bri) branch tanjung selor; as many as 49 costumers; the samples used the method of total sampling or census. the result of the research shows: the characteristics of respondents by sex are dominated by men (94%), based on age that is 47-52 years old (47%), based on the type of business that is cattle ranchers (77,55%), based on the type of credit that is kur (96%), and based on the amount of credit that is rp.50,000,00074.000.000 (90%). normality test is 0.912 indicates the regression of this study is normally distributed. f test is 0.000 < 0.05, then the simple regression linear equation model used is suitable. t test is 0.000 < 0.05, so service quality has a significant influence to costumer satisfaction of farmers who have credit in bank republik indonesia (bri) branch tanjung selor. the result of coefficient determination test (r2) is 0.553 (55,3%) and the balances is 44,7%. which is influenced by other factors outside the model. another factor is the possibility of credit guarantee and interest rates. as for interest rate on bri tanjung selor branch is for kur 0,7% while kkpe 0,6%. keyword: quality, satisfaction, customer