UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada UMKM Produk Keripik, Di Kelurahan Kampung Empat Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan)

Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada UMKM Produk Keripik, Di Kelurahan Kampung Empat Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan)

Pengarang : Hariyadi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitan ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha keripik. (2) untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang sesuai bagi pengembangan usaha keripik. pengambilan sampel pada penelitian ini sebagian dari pengusaha agroindustri keripik dengan jumlah 3 responden secara purposive sampling. purposive (sengaja). di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan analisisi internal dan eksternal dan analisi swot. berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa lingkungan internal adalah kekuatan (strength) minat/motivasi pengusaha tinggi dalam berusaha keripik (s1), melibatkan anggota keluarga (s2), promosi menggunakan media sosial (s3), tenaga kerja di peroleh dari lingkungan sekitar (s4). dan kelemahan (weaknesses) proses pengolahan produk manual (w1), modal usaha keripik yang terbatas (w2), belum terpenuhi ketersedian bahan baku keripik (w3). sedangkan untuk lingkungan eksternal adalah peluang (opportunities) meningkatnya permintaan produk keripik (o1), dukungan pemerintah daerah (o2), pengusaha keripik melakukan pinjaman pada pihak bank (o3), peran pemerintah kepada pengusaha (o4). dan ancaman (threats) adanya pesaing pengusaha keripik lain (t1),harga bahan baku yang fluktuatif (t2), sulitnya memperoleh bahan baku (t3). terdapat empat strategi alternatif yakni strategi s-o (1), memanfaatkan tenaga kerja guna meningkatkan jumlah produksi,(2), memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk guna memenuhi permintaan, (3) meningkatkan ketrampilan tenaga kerja melalui program pelatihan yang diadakan pemerintah. w-o (1) memberikan bantuan dalam bentuk perkuatan modal usaha untuk mengembangkan usaha keripik, (2) meningkatkan ketersediaan bahan baku dengan memanfaatkan dukungan dari pemerintah, seiring permintaan yang terus meningkat, (3) meningkatkan proses pengolahan bahan baku keripik secara optimal dengan cara modern. strategi s-t (1) memperluas jaringan pemasaran usaha agroindustri keripik, (2) meningkatkan inovasi hasil produksi dan memanfaatkan tenaga kerja yang terampil untuk menekan daya saing, (3) pengendalian ketersediaan bahan baku untuk keberlanjutan usaha. strategi w-t (1) meningkatkan modal usaha, (2) meningkatkan sistem pengelolahan melalui inovasi teknologi modern, (3) meningkatkan akses penyediaan bahan baku dan memperkuat modal usaha. kata kunci: strategi pengembangan, agroindustri, keripik

Abstrak Indonesia

This research was aimed (1) to identify internal and external factors that influence the development of chips business; (2) to formulate appropriate business development strategy for chips business development. sampling in this research was taken from 3 respondents of agroindustry chips entrepreneurs by using purposive sampling. technique of data analysis used in this research was descriptive analysis followed by internal and external analysis and s.w.o.t analysis. the results of the research show that internal environment are strength of high interest and motivation of the entrepreneurs in the chips business (s1), involving family members (s2), promoting by using social media (s3), labor obtained from the surrounding environment (s4) and weaknesses are manual product processing (w1), limited business capital (w2), unfulfilled raw material availability (w3). meanwhile, the external environment are the opportunities of increasing demand for chips product (o1), local government support (o2), loans to banks by chips entrepreneurs (o3), the roles of government on entrepreneurs (o4) and the threats from other chips business competitors (t1), fluctuating raw material prices (t2), difficulty in obtaining raw materials (t3). there are four alternative strategies which are s-o strategy (1), utilizing labor to increase production, (2) utilizing social media to promote products to meet demand, (3) improving labor skills through training programs held by government. w-o strategy (1) providing assistance in the form of strengthening the business capital to develop chips business, (2) increasing the availability of raw materials by utilizing the support from the government, in line with the increasing demand, (3) improving the processing of raw material optimally in a modern way. s-t strategy (1) expanding marketing network of chips agroindustry, (2) increasing innovation of production result and utilizing skilled labor to reduce competitiveness, (3) controlling the availability of raw materials for business sustainability. w-t strategy (1) increasing business capital, (2) improving management system through modern technology innovation, (3) increasing access of raw material supply and strengthening business capital. keywords: development strategy, agroindustry, chips