
Peran Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Medco E&P Tarakan Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Di Kota Tarakan
Pengarang : Armilah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat merupakan salah satu program bangsa indonesia yang ditandai dengan masih banyaknya jumlah penduduk yang hidup dengan kesejahteraan yang masih dibawah standar ini menjadi perhatian pemerintah dan beberapa pihak termasuk perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sehingga menjadi salah satu hal yang di prioritaskan. adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang peran csr pt. medco e&p tarakan dalam pemberdayaan masyarakat di kota tarakan. dan untuk mengetahui pengaruh csr pt. medco e&p tarakan terhadap keberdayaan masyarakat di kota tarakan. alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tujuan pertama yaitu persepsi masyarakat tentang peran csr pt. medco e&p tarakan terhadap pemberdayaan masyarakat di kota tarakan adalah baik dengan nilai indeks 34,03 yang meliputi peran fasilitatif termasuk kriteria baik dengan nilai indeks 33,44, peran edukasional termasuk kriteria baik dengan nilai indeks 32,44. peran perwakilan termasuk kriteria baik dengan nilai indeks 36,67. peran teknis termasuk kriteria baik dengan nilai indeks 33,56. adapun dengan analisis regresi linier berganda di dapat hasil penelitian berdasarkan tujuan kedua yaitu pengaruh peran csr pt. medco e&p tarakan terhadap keberdayaan masyarakat di kota tarakan yaitu signifikan dengan hasil uji f sebesar 0,048 < 0.05 maka dapat diartikan h0 ditolak dan h1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keberdayaan masyarakat. hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada peran fasilitatif terhadap keberdayaan masyarakat dengan nilai sig 0,040 < 0.05. di sarankan bagi perusahaan agar lebih berperan aktif lagi bagi masyarakat sehingga masyarakat benar-benar berdaya, bagi perusahaan sebaiknya membantu masyarakat dalam memasarkan produk dari masyarakat atau menyediakan pasar tetap bagi masyarakat dikarenakan yang menjadi binaan masih susah dalam hal penjualan produk dan produknya hanya memproduksi ketika ada permintaan. dan untuk penelitian selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian tentang evaluasi program pemberdayaan yang dilakukan oleh pnpm.
Abstrak Indonesia
Increasing social welfare of the community is one of the indonesian nation's programs which is marked by the large number of people living with welfare that are still below this standard to the attention of the government and some parties including companies that have responsibility so that it becomes one of the things that are prioritized. the purpose of this research is to find out people's perceptions about the role of csr in pt. medco e & p tarakan in community empowerment in tarakan city. and to find out the influence of pt. medco e & p tarakan towards community empowerment in tarakan city. the analytical tool used in this study is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. the results of the study were obtained based on the first objective of the public perception of the role of csr pt. medco e & p tarakan towards community empowerment in tarakan city is good with a 34.03 index score which includes facilitative roles including good criteria with an index value of 33.44, educational roles including good criteria with an index value of 32.44. representative roles include good criteria with an index value of 36.67. technical roles include good criteria with an index value of 33.56. as for multiple linear regression analysis, the results of the research are based on the second objective, namely the influence of the role of csr pt. medco e & p tarakan towards community empowerment in tarakan city is significant with the f test result of 0.048 < 0.05. it is suggested for the company to be more active in the community so that the community is truly empowered. for the company, it is better for the community to market the product from the community or provide a fixed market for the community because the target is still difficult in terms of product and product sales only when there is demand. and for further research it is recommended to conduct research on the evaluation of empowerment programs conducted by pnpm.