
Pengembangan Media Board Game Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Di SMPN 12 Tarakan
Pengarang : Nimas Adillia Faza Renata - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Perilaku bullying melibatkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok terhadap individu lain yang lebih lemah. Tindakan ini dilakukan secara berulang kali atau terus-menerus dalam bentuk fisik maupun non-fisik dengan tujuan untuk menyakiti, merendahkan, mengintimidasi, dan mendapatkan kepuasan pribadi. Pada hasil observasi ditemukan perilaku bullying secara fisik, verbal, dan sosial yang masih sering terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini mengakibatkan siswa merasa perilaku bullying adalah hal yang biasa atau wajar tanpa memikirkan dampak negatif dari perilaku bullying tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE dengan melalui tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dari segi kelayakan pada pengembangan media board game sebagai media bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku bullying siswa di SMPN 12 Tarakan. Penelitian ini menggunakan uji kelompok kecil dengan jumlah 7 orang siswa responden dan 1 orang Guru BK yang berperan sebagai penilai sejauh mana kelayakan media board game. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh presentase sebesar 94% dengan kategori sangat tinggi atau sangat layak, hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 88,8% dengan kategori sangat tinggi atau sangat layak. Kemudian hasil uji coba kelompok kecil dengan 7 responden diperoleh presentase sebesar 97,1% dengan kategori sangat tinggi atau sangat layak dan hasil respon guru BK diperoleh presentase sebesar 100% dengan kategori sangat tinggi atau sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media board game sebagai media bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku bullying siswa di SMPN 12 Tarakan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan.
Kata Kunci: Board Game, Perilaku Bullying
Bullying behavior involves acts of aggression perpetrated by an individual or group against a weaker individual.These actions are often repeated or continuous, taking physical or non-physical forms, to hurt, humiliating, intimidating, and achieve personal satisfaction. Initial observations revealed that physical, verbal,and social bullying behaviors are still frequently occurring within the school environment. It makes students perceive bullying as common or usual, without considering its negative impacts. This study employs a Research and Development (R&D) approach, utilizing the ADDIE model, which progresses through the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The primary objective of this study is to assess the feasibility of developing a board game as agroup counseling medium to reduce bullying behavior among students at SMPN 12 Tarakan. The study involved a small group test with 7 student respondents and 1 Guidance Counselor (Guru BK) who acted as an evaluator to ascertain thefeasibility of the board game medium. Based on the validation results, the media validation yielded 94%, categorized as "very high" or "very feasible." Materialvalidation results showed a percentage of 88.8%, also categorized as "very high" or"very feasible." Furthermore, the small group test with 7 respondents yielded a percentage of 97.1%, categorized as "very high" or "very feasible," and the responsefrom the Guidance Counselor showed a percentage of 100%, also categorized as"very high" or "very feasible." Consequently, the developed board game is feasibleas a group counseling medium to reduce bullying behavior among students at SMPN 12 Tarakan. Keywords: Board Game. Bullying Behavior