Implementasi Metode Membaca Terbimbing Melalui Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kelas 2-B SD Negeri 014 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Implementasi Metode Membaca Terbimbing Melalui Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kelas 2-B SD Negeri 014 Tarakan

Implementasi Metode Membaca Terbimbing Melalui Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kelas 2-B SD Negeri 014 Tarakan

Pengarang : Agustina Sarudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan membaca permulaan siswa dalam membaca kata dengan implementasi metode membaca terbimbing melalui perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas 2-B SDN 014 Tarakan. Jenis peneltian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode membaca terbimbing melalui perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dalam membaca kata pada siswa kelas 2-B SDN 014 Tarakan. Pada siklus I hasil tes kognitif kemampuan membaca kata diperoleh data sebesar 68% siswa yang tuntas atau masuk pada level membaca berkembang dan mandiri dari jumlah keseluruhan siswa, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 61% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 54% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, hasil tes kognitif kemampuan membaca kata diperoleh data sebesar 89% siswa yang tuntas atau masuk pada level membaca berkembang dan mandiri, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 79% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 82% siswa yang tuntas. Proses kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan hasil penilaian tes kognitif kemampuan membaca kata siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam menigkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dalam membaca kata di kelas 2-B SDN 014 Tarakan.

The purpose of this study was to describe the process and results of student' early reading worlds through the implementation of guided reading methods via differntiated learning planning in class 2-B of SDN 014 Tarakan. This study used classroom action research with 28 students as the research subjects. The study was conducted in two cycles. The procedure for each cycle was planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study indicated that the implementation of guided reading method through differntiated learning planning can improve students' early reading skills in reading worlds in class 2-B of SDN 014 Tarakan. In cycle I, the cognitive tes results for word reading ability showed that 68% of students were proficient or reached the developing and independent reading levels out of the total number of students. In the affective aspect, 61% of students were proficient, and in the psychomotor aspect, 54% of students were proficient. In cycle II, there was an improvement. The cognitive test results for word reading ability showed that 89% of students achieved proficiency or reached the developing and independent reading levels. In the affective aspect, 79% of students achieved proficiency, and the psychomotor aspect, 82% of students achieved proficiency. The learning process was conducted effectively, and the results of the cognitive reading ability test indicated that the students had achieved the success indicators. Therefore, this study is considered successfull in improving the initial reading ability of students in reading worlds in class 2-B of SDN 014 Tarakan

Detail Informasi