
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V-B SDN 002 Selumit Pantai
Pengarang : Monica Revalina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V-B SDN 002 Selumit Pantai. Jenis peneltian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Desain dalam penelitian ini secara umum terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 siswa yaitu 9 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siswa kelas V-B SDN 002 Selumit Pantai. Pada penilaian kemampuan membaca pemahaman siklus I diperoleh persentase 54% siswa yang tuntas dengan diperoleh hasil tes membaca pemahaman dengan rentang nilai 30-49 sebanyak 2 siswa dengan persentase 8%, siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentang nilai 50-74 sebanyak 10 siswa dengan persentase 38%, siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentang nilai 75-89 sebanyak 11 siswa dengan persentase 42% dan siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentang nilai 90-100 sebanyak 3 siswa dengan persentase 12%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase 85% siswa yang tuntas dan diperoleh data dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentang nilai 50-74 sebanyak 4 siswa dengan persentase 15%, siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentang nilai 75-89 sebanyak 13 siswa dengan persentase 50% dan siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentang nilai 90-100 sebanyak 9 siswa dengan persentase 35%. Aspek kemampuan membaca pemahaman telah mencapai 5 indikator keberhasilan dalam membaca pemahaman yaitu menemukan informasi, interpretasi, integrasi, evaluasi dan refleksi, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan kategori baik.
This study aimed to improve reading comprehension skills by applying the Directed Reading Thinking Activity (DRTA) learing method to fifth-grade students at SDN 002 Selumit Pantai. This study employed a Classroom Action Recearch design with two cycles, each consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects comprised 26 students, including nine male and 17 female stundents. The results indicated that applying the DRTA learning method effectively improved reading comprehension skills among fifth-grade stundents at SDN 002 Selumit Pantai. The first cycle’s reading comprehension assessment showed that 54% of students achieved mastery. Data showed that four students (15%) had reading comprehension accuracy scores in the range of 50-74, 13 stundents had an accuracy rate of 50% in the 75-89 range, and nine students had achieved five indicators of success inteading comprehension ability has achieved five indicators of success in reading comprehension finding information, interpretation, integration, evaluation, and reflection, so this study can be considered successful with a good category.