UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Nunukan

Pengaruh Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Nunukan

Pengarang : Nur Sarazida

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik cognitive restructuring dalam mengurangi perilaku merokok pada siswa kelas x di sma negeri 1 nunukan. perilaku merokok di kalangan remaja merupakan masalah serius dengan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental, serta prestasi akademik. teknik cognitive restructuring, sebagai bagian dari pendekatan kognitif-behavioral, berfokus pada identifikasi dan modifikasi pola pikir yang mendukung perilaku merokok. penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test-post-test design. subjek penelitian adalah siswa kelas x di sma negeri 1 nunukan yang memiliki perilaku merokok, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. data dikumpulkan melalui skala perilaku merokok yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan metode cronbach's alpha sebesar 0.941, menunjukkan instrumen yang sangat reliabel. intervensi cognitive restructuring diberikan kepada subjek selama 6 sesi. hasil analisis data menggunakan paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil (pre-test) dan (post-test). hal tersebut terdapat pada nilai signifikansi (sig. 2-tailed) yang diperoleh adalah 0.001 (p < 0.05), dan terdapat nilai thitung sebesar 13,986 > dari ttabel sebesar 0,304 yang berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. ini menunjukkan bahwa ada pengaruh teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa kelas x di sma negeri 1 nunukan. temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik cognitive restructuring dapat menjadi strategi yang efektif dalam program pencegahan dan penanganan perilaku merokok di sekolah. kata kunci: perilaku merokok, teknik cognitive restructuring.

Abstrak Indonesia

This study aims to examine the effect of cognitive restructuring techniques in reducing smoking behavior among 10th grade students at sma negeri 1 nunukan. smoking behavior among adolescents is a serious issue with negative impacts on physical and mental health, as well as academic performance. cognitive restructuring techniques, as part of the cognitive-behavioral approach, focus on identifying and modifying thought patterns that support smoking behavior. this study used a pre-experimental design with a one-group pre-test-post-test approach. the research subjects were 10th-grade students at sma negeri 1 nunukan who engaged in smoking behavior, selected using purposive sampling techniques. data were collected using a smoking behavior scale that had been validated and reliability tested using cronbach's alpha method with a value of 0.941, indicating a highly reliable instrument. the cognitive restructuring intervention was administered to the subjects over six sessions. data analysis using the paired sample t-test revealed a significant difference between the pre-test and post-test results. this is evident in the significance value (sig. 2 - tailed) obtained, which is 0.001 (p < 0.05), and the t-value of 13.986 is greater than the t-table value of 0.304, meaning the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis is accepted. this indicated that cognitive restructuring techniques have an effect on reducing smoking behavior among 10 th-grade students at sma negeri 1 nunukan. the findings of this study suggest that cognitive restructuring techniques can be an effective strategy in school-based smoking prevention and intervention programs keywords: smoking behavior, cognitive restructuring techniques