
PENERAPAN DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION (DSME) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI RUMAH SAKIT WILAYAH PESISIR PERBATASAN
Pengarang : Yusnia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Diabetes melitus (dm) merupakan penyakit kronis yang prevalensinya terus meningkat secara global, termasuk di indonesia yang menempati peringkat kelima jumlah penderita tertinggi di dunia. wilayah pesisir perbatasan, seperti kalimantan utara, menghadapi berbagai keterbatasan dalam layanan kesehatan, termasuk rendahnya tingkat literasi dan edukasi pasien mengenai manajemen diabetes. hal ini meningkatkan risiko terjadinya komplikasi jangka panjang. diabetes self management education (dsme) adalah proses pemberian informasi kepada pasien tentang bagaimana menggunakan strategi manajemen diri untuk mrngoptimalkan kontol metabolik, mencegah komplikasi, dan meningkatkan kualitas hidup pada pasien diabetes melitus tipe ii. tujuan penulisan ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan pada pasien dengan diabetes melitus tipe ii setelah dilakukan intervensi diabetes self management education (dsme) sebagai intervensi edukatif guna meningkatkan pengetahuan pasien dalam mencegah komplikasi diabetes melitus tipe ii. metode yang digunakan adalah case report pada dua pasien dengan diagnosis dm tipe ii di rumah sakit wilayah pesisir perbatasan. intervensi dilakukan selama tiga hari menggunakan metode edukasi langsung dan media leaflet berisi materi terkait manajemen diri pada pasian diabetes melitus tipe ii dengan penerapan diabetes self management education (dsme). pengukuran pengetahuan dilakukan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan kuesioner. hasil menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan secara signifikan. pasien pertama (ny.i) mengalami peningkatan dari 40% menjadi 80%, dan pasien kedua (ny.m) dari 50% menjadi 85%, dengan rata-rata peningkatan sebesar 37,5%. kategori pengetahuan kedua pasien meningkat dari rendah dan cukup menjadi baik. kesimpulan dari case report ini adalah bahwa penerapan dsme secara terstruktur dan singkat efektif dalam meningkatkan pengetahuan pasien tentang manajemen diabetes. intervensi ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan, khususnya di daerah dengan akses layanan kesehatan yang terbatas, guna memperkuat kemandirian pasien dalam pengelolaan penyakit dan pencegahan komplikasi. kata kunci: diabetes melitus tipe ii, diabetes self management education, pengetahuan pasien.
Abstrak Indonesia
Diabetes mellitus (dm) is a chronic disease with a globally increasing prevalence, including indonesia, which the fifth ranks in the highest number of cases in the world. coastal border areas, like north kalimantan, face various limitations in healthcare services, such as low literacy and patient education about diabetes management. this raises the risk of long-term complications. diabetes self- management education (dsme) is the process of providing information to patients on how to use self-management strategies to optimize metabolic control, prevent complications, and improve the quality of life for patients with type ii diabetes mellitus. the purpose of this research is to investigate the level of knowledge in patients with type ii diabetes mellitus after the intervention of diabetes self-management education (dsme) as an educational intervention aimed at enhancing patients' knowledge in preventing complications of type ii diabetes mellitus. the method employed a case report on two patients diagnosed with type ii dm at the border coastal region hospital. the intervention was conducted over three days using direct education methods and leaflets containing materials related to self-management in patients with type ii diabetes mellitus, implementing diabetes self-management education (dsme). knowledge was measured before and after the intervention using a questionnaire. the results indicate a significant increase in knowledge scores. the first patient (mrs. i) experienced an increase from 40% to 80%, and the second patient (mrs. m) from 50% to 85%, with an average increase of 37.5%. the knowledge category of the two patients increased from low and adequate to good. the conclusion of this case report is that the structured and brief implementation of diabetes self- management education (dsme) is effective in enhancing patients' knowledge about diabetes management. this intervention is highly recommended to be applied, particularly in areas with limited access to healthcare services, to strengthen patient autonomy in disease management and complication prevention. keywords: type ii diabetes mellitus, diabetes self-management education, patient knowledge.