UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of WORD CHAIN GAME AS A LEARNING MEDIA TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY AT THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 7 TARAKAN

WORD CHAIN GAME AS A LEARNING MEDIA TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY AT THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 7 TARAKAN

Pengarang : Agnesi Rangga

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui penerapan permainan word chain sebagai media pembelajaran dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan word chain game didalam kelas. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas (ptk). subjek penelitian iniadalah siswa kelas viii-9 smp negeri 7 tarakan, dengan jumlah 31 siswa. terdapat dua siklus dalam penelitian ini, dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. pada siklus pertama terdapat 15 siswa yang berhasil mencapai kriteria kektuntasan (kktp) dengan nilai presentase 48%, sedangkan 16 siswa dengan presentase 52% belum mencapai kriteria ketuntasan (kktp). pada siklus kedua, terdapat 27 siswa yang mencapai kriteria kesuksesan (kktp) dengan presentase 87% dan 4 siswa lainnya tidak mencapai kriteria kesuksesan (kktp)dengan presentase 13%. selain itu, observasi terhadap guru dan siswa juga mengalami peniingkatan, yang menunjukkan tanggapan siswa terhadap permainan word chain. siklus pertama, lembar observasi siswa mendapatkan score tinggi dipertemuan ketiga pada persentase 74% dengan kategori cukup dan siklus kedua dengan perkembangan yang sangat baik, mendapatkan nilai persentase 91% dengan kategori sangat baik. disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan word chain dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas viii-9 smp negeri 7 tarakan. kata kunci: penelitian tindakan kleas (ptk), permainan word chain, penguasaan kosakata

Abstrak Indonesia

This study aimed to improve students' vocabulary mastery through the word chain game as a learning media and to know the students' responses to the use of the word chain game in the classroom. the research method used was classroom action research (car), involving 31 eighth-grade students from viii-9 at smp negeri 7 tarakan. there were two cycles in this study, and each cycle consisted of three meetings that included stages of planning, action, observation, and reflection. in the first cycle, 15 students successfully achieved the mastery criteria of learning objective with a percentage of 48%, while 16 students with a percentage of 52% did not achieve the mastery criteria. in the second cycle, the number of students meeting the criteria increased significantly to 27 students (87%), with only 4 students (13%) still below the expected standard. observational data also indicated improvement in classroom engagement. student observation scores rose from 74% in the “fair” category during the final meeting of the first cycle to 91% in the “very good” category in the second cycle. it was concluded that the use of the word chain game as a learning medium could enhance students’ vocabulary mastery in grade viii-9 at smp negeri 7 tarakan. keywords: classroom action research (car), word chain game, vocabulary mastery